10/27/2015

Soal UN Bahasa Inggris SMK Tentang Past Events

Pada pembahasan latihan soal UN bahasa Inggris SMK berikut ini, saya akan membahas mengenai penggunaan Past Events dalam soal UN bahasa Inggris SMK. Beberapa tahun ini,  macam- macam tipe soal tentang past events yang keluar dalam UN biasanya berbentuk incomplete sentence dalam dialog. Pada soal- soal dengan Past events, menuntut pemahaman antara pertanyaan dan juga respon dalam dialog. Respon tersebut bisa saja berbentuk clause/ phrase tetapi juga bisa berbentuk kata. Namun, hal yang paling penting adalah bagaimana mengenali ciri- ciri  waktu kejadian pada saat terjadi yang tentunya menunjukkan bentuk waktu masa lampau. Ciri- ciri yang bisa dikenali adalah dengan penggunaan time phrase/ adverb of time, dan juga konteks dalam percakapan itu sendiri.

Berikut beberapa contoh tipe soal dalam soal UN bahasa Inggris SMK
===========================================================================================
Soal No. 1
Raka      : Mr. Juna still gets mad with me. I didn't join his class this morning. What I am supposed to do?
Chandra : Why did you miss his class?
Raka      : Well, I came late because of the flat tire and the gate guard did not let me in.
Chandra : Then, _____

A. I was absent with Mr. Juna before
B. I also came late yesterday morning
C. You should meet Mr. Juna and explain him about it
D. Don't think about Mr. Juna anymore.

Pembahasan ;
Pada konteks soal diatas, Raka menyatakan bahwa Mr. Juna masih marah padanya dikarenakan Raka tidak ikut pelajarannya dan meminta Chandra memberikan saran. alasan Raka tidak ikut pelajaran adalah dikarenakan ban bocor dan penjaga sekolah tidak mengijinkannya masuk. Dari pilihan jawaban diatas, maka yang paling cocok adalah You should meet Mr. Juna and explain him about it.   
Jawaban : C

===========================================================================================
Soal No. 2
Ary     : How was your trip to Bandung?
Sandy : It's nice_____. It made two days too short to pass.

A.  I really enjoyed being there
B.  I couldn't see any places
C.  I'll be there again tomorrow
D.  Bandung really makes every one happy.

Pembahasan :
Ary menanyakan pada Sandy tentang perjalanannya ke Bandung. Sandy mempunyai respon yang positif  dengan mengatakan "It's nice" terhadap pertanyaan Ary  dan dilanjutkan dengan pernyataan "It made two days too short to pass"  sehingga, pada pilihan jawaban yang cocok adalah I really enjoyed there. 
Jawaban : A

===========================================================================================
Soal No. 3
Ashar    : Where were you yesterday morning, Tin?
Titin      : I _____ to Malang with my parents. Why?
Ashar   : I dropped in your house and you were not at home.

A. was
B. went
C. were going
D. was to go

Pembahasan :
Ashar bertanya pada Titin kemana dia pergi pada hari kemarin pagi. Titin menjawab bahwa dia pergi dengan orang tuanya ke Malang. Konteks dialog diatas adalah menggunakan bentuk lampau ( Past events) khususnya dengan bentuk Simple Past Tense. Maka jawaban yang tepat adalah went.
Jawaban : B

===========================================================================================
Soal No. 4
Cecil    : There was a big theater in this area when I lived here, I _____ .
Sigit     : That's right, but it went bankrupt as it was ground down by a big syndicate.

A.  I am used to watch the films.
B.  I am used to watching film
C.  I used to watching films
D.  I used to watch films

Pembahasan :
Cecil bercerita tentang kebiasaannya ketika masih tinggal ditempat tersebut. Hal itu berlangsung dalam waktu yang lampau ( past events) dan dinyatakan dalam kebiasaan masa lampau Cecil. Maka jawaban yang paling tepat adalah I used to watch films.
Jawaban D

===========================================================================================
Dari contoh soal - soal UN Bahasa Inggris SMK diatas tentang Past Events, tentunya bisa kita simpulkan bahwa tipe soal dalam UN Bahasa Inggris SMK tentang past events memerlukan frekuensi latihan untuk mengenali bentuk- bentuk soal past tense.  Berikut ini akan saya berikan latihan soal berbentuk online tes untuk materi Past Events, yang bisa dijadikan latihan untuk mengasah kemampuan anda. 
Materi soal online ini berbentuk Flash sehingga pastikan browser anda sudah terintegrasi dengan Flash Player seperti Google Chrome untuk memaksimalkan tampilan soal latihan online anda. Silahkan klik tautan berikut untuk memulai latihan soal  UN Bahasa Inggris SMK tentang past events


Demikian pembahasan saya mengenai soal UN bahasa Inggris SMK tentang past events, semoga soal- soal tersebut bisa dijadikan referensi untuk memantapkan pengetahuan anda mengenai past events. Bila ada pertanyaan seputar pembahasan saya diatas, silahkan isikan kotak komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment