Media Info Belajar

Wednesday, November 11, 2015

Cara Mengecek Data PTK Dikmen 2015

Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui laman dapo.dikmen.kemdikbud.go.id, pengambilan data dari Dapodik SMA SMK untuk aneka tunjangan triwulan IV tahun 2015 batas waktunya akan sampai pada tanggal 30 November 2015. Sehubungan kebutuhan aneka tunjangan guru dikmen pada triwulan IV (empat) tahun 2015 kelengkapan data dan juga validitas data akan sangat diperlukan. Untuk melengkapi dan mem-validasi data PTK, anda bisa meminta tolong pada operator Dapodik sekolah anda dengan melengkapinya melalui aplikasi Dapodik. (baca juga : Cara melengkapi Data Riwayat Pendidikan Formal PTK). Setelah lengkap dan valid, maka silahkan di cek apakah data anda sudah masuk ke database pusat.
Bagi rekan- rekan guru yang ingin mengecek datanya, berikut ini saya ingin membagikan tutorial bagimana cara menge-cek data guru sehingga rekan- rekan bisa mengetahui apakah data anda sudah lengkap dan valid atau belum. 
Langkah- langkah Mengecek Data PTK Dikmen 2015

  1. Silahkan masuk ke laman dapo.dikmen.kemdikbud.go.id lalu klik pada menu Cek Data PTK Dikmen 2015
  2. Anda akan dibawa menuju ke halaman login, silahkan masukkan NIK/ NUPTK dan tanggal lahir dengan format yyyymmdd, misalnya 19890712 format tahun dahulu kemudian bulan dan tanggal.
  3. Bila berhasil, anda akan menuju ke halaman info PTK. Pada halaman tersebut akan tampil:


  • Beranda ; menunjukkan informasi profil PTK 
  • Data Utama PTK; menunjukkan data utama PTK seperti 
  • JJM dan Tugas Mengajar; menunjukkan jumlah jam mengajar, dan wali kelas serta tugas tambahan PTK
  • Penugasan dan Sertifikasi; menunjukkan data penugasan dan sertifikasi PTK
  • Rwy. Pendidikan Formal; menunjukkan riwayat pendidikan formal
  • Rwy. Kepangkatan; menunjukkan riwayat kepangkatan PTK
     4.  Silahkan cek data anda dan pastikan data anda sudah lengkap dan valid,
     5.  Bila sudah selesai, klik keluar pada menu

Demikian share saya tentang cara mengecek data PTK Dikmen 2015. Bila ada kesulitan atau pertanyaan seputar tulisan saya tadi, silahkan berkenan mengisikan di kotak komentar di bawah ini. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.