Friday, February 26, 2016

Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Listening dalam Bahasa Inggris

Dalam berkomunikasi, kemampuan mendengarkan (listening) merupakan kemampuan untuk mengirim dan mengintrepetasikan suatu pesan. Oleh karena itu kemampuan listening bisa dipandang sebagai hal yang penting karena bila kemampuan listening-nya rendah maka akan terjadi suatu kesalahpahaman dalam pengiriman suatu pesan dari orang yang satu ke orang yang lain. 
Sebagian orang berpendapat bahwa bahasa Inggris itu sulit khususnya dalam sesi mendengarkan ( listening). Dari berbagai pendapat siswa pada tingkatan SMA bahwa ketika mereka dihadapkan pada simulasi Ujian Nasional seperti sekarang ini, sebagian besar dari mereka "takut" ketika menghadapi soal listening. Memang sih, karena kita adalah pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, sebagian berpendapat kemampuan listening adalah kemampuan yang paling sulit untuk ditingkatkan. Namun, meskipun dipandang sulit, masih tetap ada cara yang bisa dilakukan. Dan berikut ini kami akan berbagi cara agar kemampuan listening anda meningkat, khususnya bagi adik- adik yang merasa kurang dalam kemampuan listening bahasa Inggrisnya .
Niat dan Fokus
Yap, Sebelum memulai segalanya sesuatu harus didasari dengan niat yang kuat termasuk juga belajar. Bila ingin meningkatkan kemampuan anda dalam listening anda harus niat dan fokus karena dengan hal tersebut anda akan punya motivasi dan dorongan yang kuat untuk belajar dalam meningkatkan listening skill anda. 
Luangkan waktu anda
Ternyata ungkapan "English is habit" sangat berpengaruh dalam membentuk karakter kita dalam belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris memang membutuhkan kebiasaan begitu juga dalam meningkatkan kemampuan listening anda. Semakin banyak anda mendengarkan ucapan, ungkapan atau kalimat dalam bahasa Inggris maka semakin pula anda akan terbiasa dengan hal tersebut. Cobalah untuk menonton film dengan menggunakan subtitle asli artinya bukan subtitle bahasa Indonesia, dari hal itulah anda akan terbiasa dengan kata dan berbagai pengucapannya dalam bahasa Inggris. Selain itu dengarkan lagu dengan bahasa Inggris yang anda suka, lalu cariah lirik lagu tersebut, maka lama- kelamaan kemampuan anda dalam listening juga akan meningkat.
Lakukan "Active Listening"
Maksud dari "active listening" adalah aktivitas yang membutuhkan anda untuk mendengarkan dan kemudian melakukan sesuatu atas apa yang anda dengarkan tersebut. Dalam active listening intinya anda harus "perform" atau mempraktikkan salah satu caranya dengan "speaking". Maka dari itu kemampuan listening akan sangat erat kaitannya dengan kemampuan speaking anda. Berlatihlah dan jangan takut membuat kesalahan. Anda bisa mengikuti komunitas bahasa Inggris untuk mempertajam kemampuan listening dan speaking anda. Di dalam komunitas atau kelompok bahasa Inggris biasanya kita akan terbiasa berbicara, mengemukakan pendapat, dan merespon suatu ide atau gagasan yang dikemukakan oleh anggota lainnya.
Berlatihlah Soal Listening
Bagi anda yang sedang menghadapi ujian yang mencakup materi listening maka perbanyaklah latihan soal- soal listening dalam soal ujian atau tes. Dengan banyak latihan soal anda akan terlatih dalam menghadapi ujian atau tes. 
Perbanyaklah Vocabulary 
Cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan listening anda adalah dengan memperbanyak vocabulary. Banyaklah beraktivitas seperti membaca ( reading), menonton, mendengar musik bahkan main game  untuk memperbanyak vocabulary anda. Buatlah catatan kecil untuk istilah baru ketika anda membaca tulisan atau ulasan bahasa Inggris. 

Demikian tulisan kami tentang cara efektif meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris. Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda khususnya listening skill. Dan yang terpenting adalah niat atau keinginan kuat anda akan membawa kepada keberhasilan usaha anda masing- masing. 
Salam.