Media Info Belajar

Saturday, February 20, 2016

Mengenal Perbedaan Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik dan Akademi

Sahabat Ahzaa Media, melanjutkan studi masuk ke perguruan tinggi merupakan pilihan bagi setiap siswa lulusan SMA, MA, SMK atau MAK karena melanjutkan ke perguruan tinggi membuat peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak akan sangat terbuka lebar. Bagi siswa yang baru lulus atau yang masih sekolah menjelang kelulusan, pemilihan perguruan tinggi merupakan salah satu poin utama dalam menentukan karir di masa depan. Jadi intinya adalah jangan sampai keliru memilih bentuk perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat kita. 
Di Indonesia ada lima jenis bentuk perguruan tinggi yaitu universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik dan akademi. Nah, berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan kelima bentuk perguruan tinggi diatas sehingga sahabat Ahzaa Media bisa mengetahui gambaran perguruan tinggi mana yang akan dipilih.
1. Universitas
Bentuk perguruan tinggi yang pertama adalah universitas. Bentuk perguruan tinggi ini yang paling populer di Indonesia. Universitas menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dan mengarahkan para mahasiswa lulusannya untuk  siap kerja dan terampil. Dalam universitas terdiri  dari berbagai fakultas- fakultas yang berbeda misalnya fakultas teknik, kedokteran, ekonomi, dan lain sebagainya. Adapun contoh dari universitas yang ada di Indonesia yang terkenal adalah Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjadjaran, dan lain lain.
2. Institut
Bentuk perguruan tinggi yang kedua adalah Institut, Dalam Institut, biasanya menyelenggarakan pendidikan akademik hanya dalam satu bidang tertentu saja. Misalnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) memfokuskan dalam bidang teknologi dan Intitut Pertanian Bogor (IPB ) memfokuskan pada bidang pertanian. Dalam Institut juga terdapat fakultas seperti halnya di Universitas.
3. Sekolah Tinggi
Jenis perguruan tinggi yang ketiga adalah sekolah tinggi. Hampir sama dengan institut, sekolah tinggi menyelenggarakan pendidikan akademik dengan hanya memfokuskan pada satu bidang ilmu saja misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang memfokuskan pada bidang ekonomi. Contoh bentuk sekolah tinggi di Indonesia yang terkenal adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).
4. Politeknik
Politeknik merupakan bentuk keempat dari bentuk perguruan tinggi selanjutnya setelah sekolah tinggi. Politeknik menekankan pada pendidikan keterampilan lulusannya. Intinya adalah praktik lebih banyak daripada teori dalam proses pembelajarannya. Politeknik akan memberikan suatu pengalaman vokasi kepada para mahasiswanya. Ada banyak politeknik yang terkenal yaitu seperti Politekkes, Politeknik Ilmu Pelayaran, dan sebagainya.
5. Akademi
Dan bentuk perguruan tinggi yang kelima adalah akademi. Akademi pada pembelajarannya hampirr sama seperti politeknik yaitu lebih menekankan pada pendidikan vokasi atau penguasaan keahlian terapan sehingga para lulusannya diharapkan akan memperoleh keterampilan kerja yang memadai. Lama  pendidikan pada akademi adalah tiga tahun. Di Indonesia ada dua jenis akademi yaitu akademi yang berstatus kedinasan maupun non-kedinasan. Contoh akademi yang kedinasan adalah Akademi Militer ( Akmil), Akademi Kepolisian ( Akpol).
Demikian penjelasan kami mengenai pengertian tentang universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik dan akademi. Nah, sekarang tentukan pilihan anda melanjutkan kuliah dimana dan yang paling penting adalah kesungguhan belajar untuk meraih apa yang dicita- citakan.
Salam.