Monday, March 21, 2016

Bagi yang Ingin Masuk ke Sekolah Kedinasan, Persiapkan hal Berikut Ini ya

Halo sahabat Ahzaa Media, beberapa saat lalu pihak pemerintah mengumumkan ada tujuh sekolah kedinasan yang dibuka tahun 2016 ini antara lain PKN STAN, IPDN, STIS, STTD, AIM dan POLTEKIP, STMKG dan STSN. Masuk ke sekolah kedinasan merupakan impian setiap siswa SMU atau sederajat yang lulus karena berbagai kelebihan yang bisa diperoleh apabila lulus dari sekolah kedinasan misalnya pengangkatan CPNS setelah lulus. Dari hal tersebut tidak heran apabila peminatnya semakin tinggi tahun demi tahun. Nah, tentunya persiapan menjadi hal yang utama bagi anda yang ingin mendaftar ke sekolah kedinasan. Mendaftar ke sekolah kedinasan memang berbeda dengan mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri. Pada pendaftaran pada sekolah kedinasan, ada beberapa proses yang harus dilakukan sebelumnya untuk bisa sukses dan lolos dalam tahapan seleksi masuk. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum masuk ke sekolah kedinasan. 
Ilustrasi : STAN
Informasi Detail
Carilah informasi sedetailnya dari laman resmi sekolah kedinasan yang ingin dimasuki. Catatlah informasi yang penting seperti syarat, ketentuan, dan jadwal. Lalu persiapkan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan jauh- jauh hari sebelum jadwal pendaftaran. Legalisasikan semua persyaratan yang membutuhkan legalisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. jangan sampai menunda nunda waktu karena pengurusan proses administrasi biasanya memerlukan waktu yang agak lama. 
Persiapan akademis 
Persiapkan materi- materi yang sering keluar atau diujikan dalam tes masuk pada tahun sebelumnya. Dalam ujian masuk sekolah kedinasan, ada bermacam tes yang diujikan antara lain Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kompetensi Dasar ( TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB) dan Tes kesehatan. Semua bentuk tes diatas memang kadang tidak pernah ditemukan atau diajarkan di jenjang sekolah sebelumnya, maka alangkah lebih baiknya bila persiapkan tes terlebih dahulu untuk melatih kemampuan anda dalam mengerjakan soal. 
Persiapkan fisik dan mental
Persiapan fisik dan mental berarti menjaga kondisi  dan mental anda sebelum mengikuti serangkaian ujian yang akan dilalui. Ada beberapa sekolah kedinasan tertentu yang dalam rangkaian tahapan ujian terakhir menggunakan tes fisik dan mental sebagai tolak ukurnya maka persiapkan diri anda dengan baik. Mulailah dengan latihan- latihan dengan aktivitas fisik yang ringan seperti lari, push up, sit up dan sebagainya.
Menjaga Kesehatan
Kesehatan merupakan hal yang terpenting maka pastikan kondisi anda fit dalam menghadapi serangkaian tes yang diujikan. Check-up secara berkala kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. 
Berdoa
Setelah melalui serangkaian persiapan diatas, hal yang paling utama adalah berdoa demi kesuksesan anda. Kesuksesan dalam apapun pasti memerlukan doa sebagai penyeimbang dari usaha yang kita lakukan. 

Demikian hal- hal yang dipersiapkan sebelum masuk ke sekolah kedinasan. Semoga memberikan manfaat bagi adik- adik semua dalam menghadapi rangkaian ujian pada sekolah kedinasan. Semoga sukses. Salam.