3/01/2016

Berikut ini Alasan Mengapa Anda Memilih Melanjutkan ke SMK

 Sahabat Ahzaa Media, ketika masa kelulusan tiba bagi adik- adik siswa SMP atau MTs pasti bingung akan melanjutkan kemana setelah lulus nanti. Apakah melanjutkan ke SMA atau SMK. Tentunya keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing- masing. Nah, pada tulisan ini kami akan membuat ulasan mengapa memilih SMK sebagai sekolah lanjutan setelah lulus dari tingkatan SMP atau MTs. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan menyatakan merupakan  salah  satu  bentuk  satuan pendidikan  formal  yang  menyelenggarakan pendidikan kejuruan  pada  jenjang  pendidikan menengah  sebagai  lanjutan  dari  SMP,  MTs,  atau bentuk  lain yang  sederajat  atau  lanjutan  dari  hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs.SMP atau MTs. 
gb. logo SMK Bisa
        Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih menekankan kepada penguasaan keterampilan setelah para siswanya lulus. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang ini pasti berbagai industri membutuhkan tenaga yang terampil yang siap pakai dalam dunia kerja dan lulusan SMK diharapkan mampu diserap dalam dunia industri. Dalam kurikulum SMK, siswa tidak hanya dibekali dengan soft skill saja namun juga dibekali dengan hard skill yang akan menuntun mereka untuk siap menghadapi dunia kerja. Tetapi, meskipun siswa SMK memang dipersiapkan untuk kerja dan juga wirausaha, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi seperti siswa- siswa SMA dan sederajat lainnya. Jadi dengan kata lain siswa SMK mempunyai peluang yang lebih banyak yaitu bisa langsung bekerja dengan dibekali keterampilan selama mereka sekolah dan mereka juga bisa melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya atau perguruan tinggi untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas. 
Selain itu berikut ini alasan mengapa lulusan SMK lebih siap dalam dunia kerja antara lain sebagai berikut :
Siswa dilatih dan dibekali keterampilan kerja
Sesuai dengan jurusan, siswa- siswa SMK semenjak tahun pertama akan dilatih dan dibekali dengan keterampilan kerja. Mereka akan terbiasa dengan sistem keterampilan soft skill dan hard skill. Hal tersebut akan menjadi bekal bagi siswa- siswa SMK untuk lebih siap bekerja.

Praktik Kerja Industri
Salah satu program yang mendukung bagi siswa SMK untuk siap kerja adalah Praktik Kerja Industri (Prakerin). Biasanya siswa akan ditempatkan magang diperusahaan atau dunia usaha dan dunia industri berkisar antara tiga atau empat bulan bahkan ada pula yang menerapkan magang selama satu tahun. Kemampuan siswa akan terasah selama mengikuti magang karena mereka akan langsung menghadapi dunia kerja, mengetahui sistem kerja secara nyata. Dan kemampuan itulah yang akan dipergunakan sebagai pengalaman ketika mereka lulus dari SMK untuk bisa bekerja secara profesional.

Jiwa Wirausaha
Selain menghasilkan lulusan yang siap kerja secara terampil, SMK juga memberikan peluang bagi para siswanya untuk berwirausaha. Dengan keterampilan seperti itu siswa lulusan akan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai dengan kemampuannya.

     Bila adik- adik ingin mendaftar di SMK,  tips berikut ini mungkin bisa digunakan sebagai pedoman, antara lain yang pertama, pilihlah jurusan sesuai dengan bakat dan minat adik- adik, dengan kata lain jangan pernah salah menentukan jurusan karena hal tersebut akan menentukan karir atau kemampuan adik- adik di masa mendatang. Ada banyak macam jurusan yang terdapat di SMK misalnya Teknik Komputer Jaringan, teknik Otomotif, Busana Butik, Perbankan Syariah, Garmen, Teknik Gambar Bangunan, dan lain-lain. Pilihlah salah satu yang sesuai dengan minat adik- adik. Kedua, Fokuslah ketika anda belajar di SMK, perlu diingat bahwa sistem pembelajaran di SMK lebih banyak dalam praktik daripada teorinya dengan tujuan akan membekali siswa agar siap dalam bekerja. Dengan alasan tersebut, bila adik- adik fokus terhadap sistem pembelajaran di SMK, maka hal tersebut akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan adik- adik semua.  Dan tips yang Ketiga adalah berdoa dan berusaha. Tetap berdoa dan berusaha untuk meraih kesuksesan adik- adik semua di masa depan.

      Dan bagi lulusan SMK, jangan terlalu risau atau khawatir akan bekerja dimana setelah lulus nanti. Biasanya SMK menyediakan bursa kerja khusus SMK yang setiap tahunnya akan ada berbagai perusahaan yang merekrut karyawannya melalui bursa kerja tersebut. Selain itu banyak SMK yang bekerja sama dengan balai latihan kerja terdekat yang memberikan informasi tentang lapangan kerja, pelatihan dan penempatan kerja.

Demikian tulisan kami pada posting hari ini tentang mengapa memilih melanjutkan SMK,  yakinlah bahwa anda memilih apa yang terbaik untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat mohon maaf bila ada kekurangan. Salam.

No comments:

Post a Comment