Media Info Belajar

Thursday, March 3, 2016

Mau Membaca Efektif? Berikut Tips Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Anda

      Sahabat Ahzaa Media, dalam keseharian kita, pasti tidak bisa lepas dari aktivitas membaca seperti membaca koran, buku, novel, literatur, laporan, atau bahkan artikel di internet. Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami saat membaca koran, majalah atau buku kemudian ketika setelah selesai membaca ternyata kita hanya mendapatkan sedikit informasi atau kesimpulan dari apa yang sudah kita baca tadi. Sebenarnya membaca merupakan sebuah keahlian. Dengan membaca semua informasi akan kita dapatkan, namun seberapa efektif dan cepat kita dalam membaca dan mendapatkan informasi, hal tersebut tergantung dari kita masing- masing. Dari hal tersebut, kemampuan membaca sangat penting kita tingkatkan apalagi aktivitas membaca sangat dibutuhkan dalam semua lini pekerjaan atau aktivitas kita setiap hari.
Ilustrasi Membaca
   Tentunya setiap orang memiliki kemampuan membaca yang berbeda- beda. Penelitian menunjukkan kecepatan membaca rata- rata adalah 250 kata per menitnya. Keuntungan bila kita dapat membaca dengan efektif dengan kecepatan yang bisa lebih besar misalnya 400 kata per menit-nya mungkin saja kita akan dapat menerima informasi lebih cepat dari orang lain. Namun, poin utama dari membaca bukanlah kecepatan kita membaca melainkan seberapa efektif kita dalam membaca. 
        Keuntungan bagi para pelajar, memiliki kemampuan membaca yang baik akan membuat prestasi meningkat pula karena ilmu pengetahuan akan lebih mudah terserap dengan efektif. Nah, dari hal tersebut diatas, bagaimanakah membaca efektif itu dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca, pada artikel ini kami akan mencoba membagikan beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi anda untuk meningkatkan kemampuan membaca anda. 
Mulailah dengan Artikel yang Menarik
Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa membaca merupakan aktivitas yang membosankan sehingga banyak orang yang merasa malas untuk melakukan aktivitas membaca. Pandangan tersebut yang kemudian akan membuat anda mengendurkan semangat dalam meningkatkan kemampuan membaca. Untuk memulai aktivitas membaca anda pertama kali, carilah artikel atau bacaan yang menarik menurut anda dan bacaan yang mudah untuk dibaca misalnya novel, komik atau bacaan yang ringan lainnya. Jangan memulai dengan mencari bacaan yang berat untuk memulai aktivitas membaca misalnya jurnal, laporan ilmiah.  
Perbanyaklah Baca
Kebiasaan membaca akan menentukan keefektifan anda dalam membaca. Semakin banyak kita membaca, maka semakin terasah pula kemampuan membaca kita. Penggunaan teknologi sekarang ini seperti smartphone memungkinkan anda membaca di segala situasi dan tempat. Banyak bahan bacaan, informasi  dan artikel akan dapat dengan mudah anda temukan dalam sebuah smartphone.
Konsentrasi
Membaca membutuhkan sebuah situasi yang kondusif dalam prosesnya. Sebagai contoh bila anda membaca sambil menonton TV atau mendengarkan radio, tentunya akan saulit bagi anda untuk menangkap informasi melalui buku tersebut. Konsentrasi anda akan menentukan peningkatan anda dalam kemampuan membaca. Maka usahakan hindari membaca sambil melakukan aktivitas yang lain untuk menjadi seorang pembaca yang efektif.
Pergunakanlah pointer
Dalam hal ini, anda bisa menggunakan pointer dalam komputer atau jari anda saat membaca. Hal tersebut bisa  melatih mata anda dalam membaca dan mentransformasikan pesan ke otak anda.
Berusaha memahami informasi
Bila anda ingin memahami informasi secara keseluruhan, ingatlah informasi dalam bacaan, analisislah kemudian anda bisa mendiskusikan dengan teman anda.
    Selain hal tersebut, sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan  membaca anda. Sebagai kesimpulan dari hal diatas, kemampuan membaca harus dilakukan secara kontinu atau terus menerus karena semakin banyak latihan maka semakin meningkat pula kemampuan efektif membaca anda. Demikian semoga bermanfaat beberapa tips kami diatas. Salam.