Media Info Belajar

Saturday, March 26, 2016

Mengenal Berbagai Manfaat Praktik Kerja Industri (Prakerin) Bagi Siswa SMK

Bagi siswa SMK magang (Prakerin) merupakan kegiatan yang wajib sebagai salah satu program sekolah. Program prakerin mewajibkan siswa- siswa SMK untuk menerapkan ilmu dan keahliannya dalam dunia industri dalam bentuk magang selama minimal tiga bulan atau lebih tergantung dari kebijakan sekolah. Kegiatan prakerin dilaksanakan  atas kerjasama pihak sekolah dengan pihak dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam rangka menerjunkan peserta didik SMK untuk dapat lebih mengetahui tentang dunia kerja sebenarnya. Selain itu memang tujuan kegiatan prakerin adalah mempersiapkan lulusan SMK yang terampil dan siap kerja menghadapi persaingan dunia industri sekarang ini.
Ilustrasi Siswa Praktik
Dan berikut ini adalah berbagai manfaat dari kegiatan prakerin siswa SMK
1. Mendapatkan pengalaman kerja dan keahlian yang memadai
Siswa akan mendapatkan pengalaman kerja yang dapat berguna ketika mereka lulus. Hal ini akan membuat siswa SMK mempunyai nilai tambah dalam penerimaan atau seleksi kerja. Selain itu siswa yang pernah mengikuti magang atau prakerin diasumsikan mereka lebih memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan.
2. Dapat Menerapkan Teori dan Praktik
Situasi kerja di dalam dunia industri biasanya digunakan oleh para siswa untuk  mengaplikasikan keterampilan dan keahlian yang mereka dapatkan selama mereka menjalani pendidikannya di sekolah. Tanpa menjalani aktivitas magang, siswa hanya mendapatkan pengalaman ketika di sekolah tanpa mengetahui situasi kerja sesuai dengan kompetensi yang dikuasai.
3. Referensi kesempatan kerja
Dalam program Prakerin, siswa akan dikelilingi oleh para profesional di industri. Hal ini lebih dari sekedar tentang mendapatkan nilai. Prakerin adalah kesempatan untuk belajar dari semua orang yang ada di sekitar, mengajukan pertanyaan, berdiskusi dan berinteraksi dengan para pekerja profesional . Bila mereka terkesan dengan tanggung jawab siswa selama mengikuti Prakerin, maka peluang untuk mendapatkan kesempatan kerja di masa akan datang juga akan terbuka lebar, artinya Prakerin akan membantu siswa membuka jalur kesempatan kerja pertama setelah lulus dari SMK.
4. Mengembangkan keterampilan baru
Kegiatan prakerin adalah kesempatan belajar yang unik karena  siswa akan memiliki pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Dengan kegiatan prakerin di dunia industri dan dunia usaha, siswa akan dapat menemukan dan mengembangkan keterampilan baru.
5. Memupuk rasa percaya diri
Selama menempuh pendidikan, siswa telah belajar tentang teknik tertentu sesuai kompetensi di dalam kelas. Dalam dunia kerja, siswa akan mendapatkan pengalaman nyata sehingga rasa percaya dirinya akan meningkat dan hal itu berguna ketika mereka menghadapi situasi kerja setelah lulus dari SMK. 

Nah, demikian manfaat kegiatan magang (prakerin) bagi siswa SMK. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi anda khususnya siswa SMK. Salam.