Saturday, March 12, 2016

Sukses Lulus SBMPTN 2016? Kenapa Tidak?

Diterima di perguruan tinggi negeri memang menjadi prioritas utama dari siswa SMA setelah lulus. Selain faktor biaya, ada beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan untuk masuk perguruan tinggi negeri seperti akreditasi, lulusan, dan kualitas yang baik. Namun, untuk masuk perguruan tinggi bukanlah perkara yang mudah. Persaingan pendaftar dan materi ujian yang sulit menjadi hambatan utama bagi siswa. SBMPTN merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh untuk masuk perguruan tinggi negeri selain program seleksi melalui SNMPTN dan Ujian Mandiri. Memang sih, penyeleksian masuk SBMPTN lebih menekankan pada kemampuan diri secara murni melalui ujian sehingga dirasakan lebih sulit dari program seleksi yang lainnya. Bagaimanapun, sukses lulus menjadi tujuan utama dalam seleksi SBMPTN.  Nah, apa saja yang harus dilakukan agar sukses dalam SBMPTN? berikut ini kami akan membagikannnya untuk para sahabat Ahzaa Media agar sukses dalam SBMPTN tahun 2016 ini.
Masuk Universitas
Kiat Sukses SBMPTN 2016
Cari Informasi Detail SBMPTN; Informasi merupakan hal yang utama yang harus dicermati dalam proses seleksi SBMPTN. Informasi yang salah akan membawa kerugian terhadap diri anda sendiri. Silahkan carilah informasi yang akurat dan detail tentang pelaksanaan SBMPTN melalui laman resminya. Perhatikan pada ketentuan dan aturan, persyaratan- persyaratan, biaya, tempat seleksi, jenis ujian, kelompok ujian, jadwal seleksi, dan jadwal pengumuman seleksinya. Anda bisa membuka laman resminya di www.sbmptn.or.id
Kenali minat dan bakat anda; Sesuaikan minat dan bakat anda dengan jurusan yang anda pilih. Perlu diingat bahwa jangan sampai anda memilih jurusan yang hanya anda pilih berdasarkan peluang, namun pilihlah berdasarkan dengan minat dan bakat anda. Kesalahan dalam memilih jurusan yang tidak berdasar pada minat dan bakat anda akan berdampak pada proses perkuliahan ketika anda diterima nanti. 
Pahami Strategi Pemilihan Jurusan; Dalam proses seleksi SBMPTN, ada 3 (tiga) pilihan jurusan program studi yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih satu jurusan dan memilih dua jurusan atau lebih dengan maksimal 3 (tiga) jurusan. Jika anda hanya memilih satu jurusan program studi, anda dapat memilih program studi di perguruan tinggi manapun yang anda inginkan dan bila anda memilih dua program studi atau lebih, maka salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Selain itu pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian. Perlu diingat bahwa dalam pemilihan jurusan, persaingan menjadi hal yang penting untuk dilihat juga karena hal tersebut memberi gambaran peluang anda diterima dalam sebuah jurusan program studi. Silahkan cari informasi daya tampung peminat dari tahun ke tahun program studi yang anda pilih. Dari situlah anda juga bisa memperkirakan peluang anda diterima berdasar jumlah kursi yang tersedia untuk tahun ini juga.
Persiapan diri; Persiapan diri anda menjadi hal yang tidak kalah penting dari beberapa hal teknis diatas. Materi ujian untuk SBMPTN memang tidak seperti materi biasa yang sering muncul dalam ujian- ujian yang diujikan di sekolah. Sebagian siswa yang sudah pernah mengikuti seleksi SBMPTN pasti mengemukakan hal yang sama yaitu materi terlalu sulit atau materi tersebut kurang "familiar" di kalangan mereka. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, persiapkan diri anda dengan sering mengerjakan soal- soal latihan ujian SBMPTN dari tahun- tahun sebelumnya. Dengan kebiasaan mengerjakan soal- soal latihan, kemampuan anda akan terasah dan membuat anda terbiasa mengerjakan tipe soal- soal SBMPTN. 
Bila anda punya dana yang lebih, anda bisa ikut bimbingan belajar khusus menangani persiapan ujian SBMPTN. Namun, bila tidak punya dana yang lebih untuk ikut bimbingan belajar, jangan berkecil hati, anda bisa kok belajar sendiri materi yang diujikan dalam SBMPTN melalui soal- soal yang bisa anda dapatkan secara bebas di internet atau di toko- toko buku terdekat. Selain itu anda juga bisa membentuk kelompok belajar sendiri bersama teman- teman anda untuk membahas dan konsultasi dengan teman- teman anda tentang materi yang diujikan dalam SBMPTN. 
Ikuti Tryout SBMPTN; Simulasi SBMPTN akan memberikan pengalaman lebih kepada anda untuk mengerjakan soal dan mengetahui kemampuan anda sendiri maka dari itu silahkan ikuti tryout yang sering diselenggarakan menjelang pelaksanaan SBMPTN. Ukurlah kemampuan anda dan kelemahan anda dengan hasil simulasi ujian melalui tryout. 
Jaga Kesehatan; Kesehatan merupakan hal yang utama dalam hidup anda. Jagalah kesehatan anda dengan makan yang teratur dan berolahraga yang cukup. Jangan pernah habiskan waktu anda hanya untuk belajar dan belajar saja. Tubuh anda juga perlu refreshing untuk mendinginkan. Sesekali jernihkan kejenuhan anda dalam belajar dengan rekreasi. 
Berdoa; Doa akan menguatkan jiwa anda sebagai makhluk-Nya. Mintalah restu orang tua dan orang terdekat anda untuk memotivasi anda agar sukses dalam SBMPTN. Optimislah bahwa anda akan berhasil dan semua yang terjadi adalah kehendak Tuhan sebagai terbaik bagi anda.

Demikian kiat sukses SBMPTN yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga kiat sukses diatas bisa membantu sahabat Ahzaa Media semua yang ingin masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN. Dan harapan kami semoga anda sukses lulus masuk perguruan tinggi. Selamat berjuang dalam tes SBMPTN 2016. Salam.