Wednesday, April 27, 2016

Bagi yang Mau Daftar SBMPTN, Perhatikan Tips Berikut Ini Ya

Pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN sudah resmi dibuka beberapa waktu yang lalu. Tentunya bagi kamu yang mau mendaftar harus mengetahui syarat- syarat atau perihal apa saja yang harus dilakukan sebelum mendaftar termasuk tata cara pendaftarannya. 
Nah, berikut ini ada beberapa hal berguna yang bisa dilakukan ketika kamu ingin mendaftar SBMPTN tahun ini agar kamu tidak salah langkah dan keliru dalam proses pendaftaran yang bisa berakibat kerugian pada dirimu sendiri.
https://www.uhv.edu/business/images/gmatgraphic.jpg
Persiapkan Berkas yang diperlukan
Hal pertama yang bisa kamu lakukan mulai sekarang sebelum kamu mendaftar adalah persiapkan berkas yang berhubungan dengan pendaftaran SBMPTN seperti KTP, Kartu Keluarga, Fotocopy Rapor, Foto dan sebagainya. Karena pendaftaran dengan sistem online, maka alangkah baiknya kamu juga mempersiapkan berkas yang terlebih dahulu kamu scan misalnya foto atau KTP.
Ketahui Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran SBMPTN 2016 adalah melalui sistem online pada laman resmi sbmptn, maka terlebih dahulu ketahui tata cara pendaftaran sampai informasi pembayarannya secara detail. Kamu bisa mempelajari tata cara pengisian borang pendaftaran dengan cara mengunduhnya melalui website resminya. 
Tentukan PTN dan Jurusan yang Tepat Sesuai Minatmu
Memilih jurusan adalah keputusan penting bagimu ketika mendaftar SBMPTN. Pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuanmu baik dari segi jarak maupun lokasi. Pilihlah jurusan juga yang sesuai dengan minatmu sendiri dan jangan pernah ikut- ikutan dalam memilih jurusan atau nantinya kamu akan merasa menjadi seorang mahasiswa yang "salah jurusan". Alangkah baiknya bila kamu konsultasi dengan orang tua atau orang yang lebih paham mengenai hal ini.
Pembayaran di Bank
Perhatikan hal pertama yang kamu lakukan adalah proses pembayaran terlebih dahulu. Adapun bank yang ditunjuk pada SBMPTN tahun 2016 adalah bank BNI dan bank Mandiri. Setelah kamu melakukan pembayaran, maka kamu baru bisa masuk atau login untuk melengkapi data pendaftaranmu.
Teliti dalam Pengisian
Apabila sudah mempersiapkan berkas, mengetahui tata cara pendaftaran, menentukan jurusan, maka langkah selanjutnya adalah mulai mendaftar secara online melalui website resminya. Tentunya harus sudah melakukan proses pembayaran untuk melengkapi data pendaftaran. 
Perhatikan setiap detail dalam pengisian seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat sesuai KTP atau identitas dan hal lainnya. 
Perlu diingat bahwa berhati-hatilah dalam mengisi pendaftaran online SBMPTN, karena data yang telah diisikan tidak dapat diubah lagi serta kesalahan pengisian dalam borang pendaftaran bisa mengakibatkan kamu harus membayar biaya seleksi lagi. Cek lagi ketika sudah selesai dalam pengisian dan jangan sampai ada yang terlewat atau salah dalam pengisian.

Demikian beberapa hal yang bisa kami bagikan sebagai tips agar kamu lebih mudah dan lancar dalam mendaftar SBMPTN tahun 2016 ini. Dan kami ucapkan semoga sukses dan keterima di perguruan tinggi favoritmu. jangan lupa tuliskan komentar kamu di kolom komentar di bawah ini ya? Terima kasih sudah berkunjung di blog kami.
Salam.

Sumber gambar ilustrasi :
https://www.uhv.edu/business/images/gmatgraphic.jpg