Media Info Belajar

Wednesday, April 13, 2016

Bagi Kamu Yang Ingin Mendaftar Tujuh Sekolah Ikatan Dinas, Yuk Ikuti Simulasi CAT Online-nya

Berikut ini informasi bagi kamu yang ingin mendaftar ke tujuh sekolah tinggi ikatan dinas yang dibuka pemerintah beberapa waktu yang lalu bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka simulasi Computer Assisted Test (CAT) secara online di www.menpan.go.id. Hal ini seperti dilansir dari laman menpan.go.id, melalui Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Senin (11/04).  
”Pelaksanaan seleksi di tujuh Sekolah Ikatan Dinas itu menggunakan sistem CAT, seperti halnya tes untuk CPNS,” 
Calon mahasiswa/praja dari tujuh Sekolah Ikatan Dinas wajib mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem CAT. Sistem CAT merupakan suatu metode seleksi dengan bantuan computer, sehingga menjamin terjadinya transparansi. Dalam sistem CAT, Setiap peserta mendapat soal yang berbeda antara satu dengan lainnya dan hasilnya dapat langsung diketahui setelah selesai tes. Hal ini tentunya akan meminimalisir adanya kecurangan yang terjadi.
Ilustrasi CAT online
Melalui sistem ini, peserta yang lulus sudah memenuhi standar minimal kompetensi dasar bagi CPNS. Dan yang lebih menarik lagi, simulasi CAT online ini dapat diunduh secara gratis untuk membantu para calon peserta tes mengenal aplikasi yang sudah diterapkan secara penuh dalam tes CPNS pada tahun 2014.
Nah, bila kamu ingin mencoba simulasi sistem CAT ini, kamu bisa mengunjunginya di laman http://sc.menpan.go.id.
Adapun cara pendaftaran setelah masuk ke situsnya adalah masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), biodata diri yang terdiri dari tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju. 
Untuk waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah dengan soal yang diberikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Nah, bagi kamu yang ingin mendaftar ke salah satu dari tujuh sekolah ikatan dinas tersebut, tidak ada salahnya kamu mencoba tes CAT ini.
Demikian informasi yang bisa saya berikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.
Salam Sukses.