Media Info Belajar

Wednesday, April 20, 2016

Tanpa Bimbingan Belajar, Kamu pun Bisa Lolos SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu alternatif seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri selain SNMPTN dan Ujian Mandiri. Nah, setelah waktu UN ini mungkin kamu mempunyai banyak waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkannya sambil menunggu pengumuman UN pada bulan Mei mendatang. Ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan untuk bisa lolos dalam SBMPTN yaitu ikut bimbingan belajar maupun belajar sendiri atau berkelompok. 
www.ahzaa.net
Sukses SBMPTN
Menjelang penerimaan mahasiswa baru khususnya menjelang SBMPTN ini banyak bimbingan belajar yang menawarkan program untuk lolos SBMPTN. Tentunya bila kamu mempunyai uang yang berlebih tidak ada salahnya kamu mencoba ikut bimbingan belajar karena biasanya bimbingan belajar akan memberikan berbagai pengalaman dalam mengerjakan soal- soal dengan tipe SBMPTN plus cara cepatnya. Selain itu juga di bimbingan belajar juga tersedia tryout atau simulasi ujian secara berkala. Dari situlah kamu akan tahu kemampuanmu dalam mengerjakan ujian dengan tipe soal SBMPTN. Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh bimbingan belajar, kamu akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Biasanya bimbingan belajar akan menawarkan paket bimbingan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri seperti SBMPTN atau sekolah kedinasan dengan biaya tertentu. 
Tetapi bila kamu hanya mempunyai uang yang pas-pasan dan belum bisa mengikuti bimbingan belajar, jangan berkecil hati dulu karena kamu bisa belajar mandiri dengan materi- materi SBMPTN yang bisa kamu latih sendiri baik dirumah maupun bersama dengan orang lain. Nah, apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa lolos SBMPTN tanpa bimbingan belajar, berikut langkah- langkahnya.
Pertama, carilah soal- soal SBMPTN tahun sebelumnya yang memuat soal, jawaban dan cara pengerjaan soal. Kamu bisa mencari soal- soal yang saat ini banyak tersedia di toko buku terdekat. Perlu diingat, carilah buku soal yang mempunyai penyelesaian akhir yang baik, artinya soal yang lengkap dengan cara penyelesaiannya. Mengetahui pola dan bentuk soal SBMPTN adalah hal yang utama, mengapa? Karena soal SBMPTN mempunyai bentuk, pola, tingkat kesulitan dan kerumitan yang berbeda dengan soal- soal yang pernah kamu pelajari sebelumnya seperti di SMA. 
Kedua, Luangkankah waktu untuk berlatih soal- soal SBMPTN. Belajar membutuhkan komitmen diri untuk terus maju dan berhasil, maka bila kamu ingin lolos dalam SBMPTN maka aturlah waktumu dengan baik untuk belajar dan berlatih. Komitmen diri sangat penting dalam mengatur waktu. Kamu bisa meluangkan dua atau tiga jam seharinya untuk belajar dan berlatih soal. Hindarilah penggunaan gadget dalam hal yang kurang penting saat kamu belajar.
Ketiga, Tidak ada salahnya berkonsultasilah dengan teman atau orang yang lebih berpengalaman dalam menjawab soal - soal SBMPTN terutama soal- soal yang sulit. Sekali lagi, soal SBMPTN memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang berbeda dari materi yang pernah diajarkan di sekolah sebelumnya, maka bila kamu menemukan tipe atau pola yang sukar atau sulit, jangan pernah sungkan untuk bertanya, karena dengan bertanya kamu akan mendapatkan penjelasan secara jelas. Carilah waktu yang tepat untuk berkonsultasi.
Keempat, Ikutilah try out yang banyak diselenggarakan meskipun kamu tidak mengikuti bimbingan belajar. Try out biasanya menggunakan soal- soal yang mempunyai pola dan tingkat kesulitan yang sama dengan soal SBMPTN. Dengan mengikuti Try out, kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam menjawab soal dan mengatur waktunya.
Kelima, Berdoalah di setiap aktivitasmu. Persaingan masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN sangat ketat. Berusahalah, pantang menyerah dan berdoalah untuk kesuksesanmu.
Penutup
Dan sebagai penutup dari tulisan ini adalah jangan pernah menyerah dalam sebuah persaingan yang sangat ketat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Meskipun kamu tidak bergabung dengan bimbingan belajar, kamu bisa kok lolos dalam SBMPTN, dan mereka yang ikut les belum tentu juga akan diterima. Manfaatkan waktumu, disiplin dan pantang menyerah dalam setiap usahamu.
Semoga sukses.