Media Info Belajar

Monday, May 2, 2016

Berikut Ini Hal- Hal Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Mendaftar SBMPTN

Masuk ke perguruan tinggi negeri masih menjadi primadona dikalangan pelajar untuk melanjutkan sekolahnya setelah lulus sekolah. Salah satu jalur penerimaan ke perguruan tinggi negeri adalah melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Penerimaan melalui jalur SBMPTN pada tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 25 April sampai dengan 20 Mei 2016. Mungkin sebagian dari kamu sudah mulai melakukan proses pendaftaran. 
Nah, bagi kamu yang saat ini belum mendaftar, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan antara lain hal- hal yang tidak boleh kamu lakukan saat mendaftar SBMPTN. Perlu diingat, pendaftaran SBMPTN melalui sistem online sehingga bila ada kesalahan sedikit saja pasti akan berpengaruh terhadap pendaftaran kamu. Jadi rugi kan, bila pada saat awal pendaftaran kamu sudah gugur gara- gara kesalahan kecil yang kamu lakukan. Dan berikut ini adalah hal- hal yang tidak boleh kamu lakukan saat mendaftar SBMPTN.
Foto : Ilustrasi
Source : www.kaptest.com
1. Mendaftar di hari- hari terakhir
Penerimaan siswa ke perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN pada tahun ini melalui sistem CBT dan PBT. Perlu diperhatikan bagi kamu yang berminat dengan sistem CBT,  Penggunaan sistem CBT pada tahun ini adalah yang pertama kalinya sehingga hanya ada beberapa universitas yang ditunjuk tentunya dengan memenuhi syarat tertentu maka dari itu kuota untuk sistem CBT terbatas. Nah, dengan banyaknya siswa yang mendaftar, tentunya tidak akan sebanding dengan kuota yang ditetapkan. Dengan mendaftar di hari- hari terakhir, maka kemungkinan besar kuota untuk sistem CBT akan habis. 
2. Tidak mengecek kembali pengisian
Hal pertama ketika ingin mendaftar SBMPTN adalah mempersiapkan berkas- berkas yang berhubungan dengan pendaftaran seperti KTP, KK, dan sebagainya. Hal itu dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengisian data ketika pendaftaran. Ajaklah teman atau saudara yang bisa membantu kamu dalam pengisian data kemudian cek kembali data yang sudah kamu isikan sebelum masuk ke tahapan berikutnya. Tidak mengecek kembali data pengisian akan berakibat fatal khususnya bila ada kesalahan.
3. Menggunakan foto selfi
Sesuai dengan ketentuan dan syarat dalam pendaftaran SBMPTN, seperti yang dikutip dari helpdesk SBMPTN 2016, foto yang diunggah harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  • Foto close up berwarna dengan wajah siswa terlihat jelas 
  • Pakaian rapi
  • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
  • Format JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 100 KB
Nah, dari info upload foto diatas, maka jangan pernah sekali-kali menggunakan foto selfi atau foto yang tidak formal, karena akan berakibat buruk yaitu kamu bisa saja tidak diperbolehkan mengikuti ujian SBMPTN. 

Demikian beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat mendaftar SBMPTN, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu semua. Jangan lupa kirimkan komentar melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga sukses SBMPTN-nya. Salam.

Sumber Gambar :
http://www.kaptest.com/blog/grad-school-insider/wp-content/uploads/sites/18/2014/01/GRE-rest.jpg