Saturday, June 11, 2016

Bagi yang Mau Mendaftar SMK Negeri di Kota Semarang, Informasi Ini Wajib Diketahui

Penerimaan Peserta Didik (PPD) kota Semarang untuk tingkat SMK sebentar lagi dibuka. Nah, sambil menunggu pengumuman ujian nasional SMP yang rencananya akan diberitahukan hari ini, Sabtu, 11 Juni 2016, bagi adik- adik yang mau melanjutkan pendidikannya ke SMK khususnya di kota Semarang, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Penerimaan Peserta Didik (PPD) di kota Semarang pada tahun pelajaran 2016/ 2017, seperti halnya tahun - tahun sebelumnya, menggunakan sistem online. Berdasarkan informasi dari laman resmi PPD kota Semarang di https://ppd.semarangkota.go.id, beberapa kegiatan menyangkut penerimaan peserta didik baru adalah sebagai berikut.
Pendaftaran tidak langsung secara online akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Juni sampai dengan 15 Juni 2016. Pada tahap ini, peserta mengisikan formulir pendaftaran melalui laman resmi ppd kota Semarang. Jangan lupa untuk menyiapkan Kartu Peserta Ujian Nasional (KPUN), NISN, SHUN atau SKHUN, Piagam penghargaan (bila punya) dan kartu Keluarga untuk pengisian data- data yang ada di dalamnya. Dalam tahap ini akan dihasilkan formulir pendaftaran, formulir daftar periksa dokumen pendaftaran, dan surat pernyataan kebenaran data.

Verifikasi data pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni sampai 16 Juni 2016 dengan langsung datang ke sekolah pilihan pertama dengan membawa dokumen seperti Foto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, Cetakan (print out) formulir pendaftaran yang telah ditandatangani, Cetakan (print out) formulir daftar periksa dokumen pendaftaran, Cetakan (print out) surat pernyataan kebenaran data bermaterai 6000 dan telah ditandatangi (bagi pendaftar yang memiliki nilai tambahan NL, NK atau NP), Foto copy Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar  (menunjukkan aslinya), Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) serta Foto copy Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) bagi calon peserta didik yang status pendaftarnya miskin sebanyak 2 lembar dan menunjukkan aslinya

Bagi adik- adik yang mempunyai piagam penghargaan bisa juga membawa fotocopy yang dilegalisir dan menunjukkan asli piagam penghargaan tersebut. dan bagi yang orang tuanya seorang guru atau tenaga kependidikan bisa melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah tempat bertugas yang dilampiri dengan SK terakhir guru atau tenaga kependidikan.

Bila adik- adik ingin mencabut berkas, maka jadwal pencabutan berkas pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni sampai 16 Juni 2016 dengan batas akhir pencabutan berkas pada pukul 10.00 pada hari terakhir. Pencabutan berkasi dilakukan di sekolah pilihan pertama dengan membawa bukti pendaftaran yang sudah disahkan oleh panitia PPD sekolah.

Nah, tahapan selanjutnya dalam pendaftaran adalah pelaksanaan tes khusus SMK pada tanggal 18 Juni 2016. Kemudian pengumuman penerimaan akan dilakukan pada 22 Juni 2016. Jangan lupa setelah dinyatakan diterima, lakukan pendaftaran ulang secara online pada tenggat waktu 22 - 24 Juni 2016 dan verifikasi pendaftaran ulang ke satuan pendidikan pada tanggal  22 - 24 Juni 2016.

Demikian informasi pendaftaran SMK negeri di kota Semarang, semoga info ini bisa membantu adik- adik dalam mempersiapkan pendaftarannya. Tetap pantau informasinya di laman resmi ppd kota untuk mengetahui info terkini pendaftaran adik- adik.
Sekian. terima kasih. Salam.

Sumber
https://ppd.semarangkota.go.id