6/14/2016

Inilah Alasan Mengapa Guru Harus Nge- Blog

Seperti kita tahu bahwa perkembangan internet dewasa ini begitu sangat pesatnya. Internet menjadi salah satu sumber dan penyedia informasi yang mencakup semua aspek dalam kehidupan. Nah, berbicara mengenai internet, ada satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dari apa yang namanya internet yaitu blog. Blog pada awalnya hanyalah sebuah sarana untuk menuangkan tulisan, curhatan, perjalanan hidup maupun pengalaman dari seorang penulis blog atau yang lazim di sebut blogger. 

Perkembangan blog tahun demi tahun tidak hanya sekedar hanya menuangkan tulisan atau pengalaman blogger saja, namun berkembang menjadi sebuah sarana untuk menularkan informasi yang berguna terhadap pembacanya. Tahun demi tahun semakin banyak tumbuh blogger- blogger yang ingin berbagi informasi terhadap apa yang dia miliki. Perkembangan blog pun menjadi lebih profesional bila dibandingkan saat awal berdirinya. 
Sumber gambar : https://classteaching.files.wordpress.com

Blog dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan blog menjadi sarana yang penting bagi seorang guru dalam memelihara hubungan dengan sesama pendidik dan bisa menjangkau siswa secara akademik. Seorang guru dapat bertukar ide dan  belajar tentang pendekatan baru dalam pendidikan serta yang tidak kalah pentingnya adalah melatih kemampuan guru dalam dunia menulis. 

Sebagai media informasi, blog memberikan akses yang luas dalam komunikasi antara guru dan siswanya, dengan kata lain akan terjalin interaksi yang positif diantara keduanya. Sebagai contoh  Peserta didik dapat saling berbagi informasi, pendapat, maupun permasalahan menyangkut berbagai hal yang berhubungan dengan pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru juga dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di dalam blog untuk diakses oleh para peserta didik.

Nah, sedemikian besar manfaat blog bagi dunia pendidikan sehingga alangkah baiknya bila seorang guru mempunyai dan menuliskan berbagai pengalaman tentang dunia kependidikan dalam blognya.

Blogging- Mengapa penting bagi Guru
Blog pada dasarnya adalah "penyalur" informasi dari seorang blogger kepada pembacanya. Nge-blog bagi seorang guru bisa meningkatkan kemampuan guru dalam ke-profesionalitas kerja mereka. Dan berikut ini beberapa alasan mengapa blogging itu penting bagi guru.

Pertama, blogging dapat mengorganisir pikiran guru untuk menulis dan memposting pendapat mereka, melakukan pengamatan  dan menemukan hal- hal yang baru dalam dunia pendidikan. Dengan demikian pemikiran guru akan lebih efektif dalam mengemukakan pendapat mereka dalam dunianya. Seorang guru yang nge-blog secara teratur dan menyediakan berbagai informasi tentang materi atau pelajaran dapat membantu siswa menjadi lebih efektif dalam mengerjakan tugas- tugas mereka. 

Kedua, dalam menghadapi tantangan pendidikan dan pembelajaran abad ke-21, blog menjadi sarana yang sangat penting. Seperti kita ketahui guru akan menghadapi tantangan yang luar biasa dahsyat dalam pembelajaran abad ke -21. Teknologi menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan siswa, oleh karena itu, guru pun harus mengimbangi keadaan tersebut. Keadaan saat ini adalah siswa merasa lebih rileks, santai, dan  percaya diri ketika duduk sambil menatap laptop, smartphone maupun tablet. Oleh karena itu, melibatkan siswa dalam blogging tidak hanya mendorong mereka untuk membuka dan menanggapi posting, namun juga memberi mereka lebih banyak tentang wawasan dan  metode yang efektif sesuai perkembangan jaman.

Ketiga, adanya blog yang dikelola oleh guru akan membuat siswa lebih terbuka dalam mengembangkan pemikiran mereka sehingga siswa akan mempunyai sikap yang matang dan memiliki motivasi yang tinggi dalam pendidikan. Melalui blog, guru akan mengajak siswa melihat perspektif yang berbeda dan membantu mereka memahami pentingnya pendidikan dalam mengembangkan keterampilan bagi kehidupan mereka di masa akan datang. Selain itu kan terjadi perubahan paradigma baru bagi siswa bahwa sebenarnya guru adalah seorang pembimbing, penasehat, pengayom dari siswa- siswanya. 

Keempat, blog menjadi sarana untuk menghubungkan dan mendorong inovasi seorang guru dalam mentransfer segala ilmu dan pengetahuan yang dimiliki kepada para siswanya. Seorang guru profesional yang modern pastinya akan memandang bahwa mengajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun juga bisa dilakukan diluar kelas termasuk melalui blog di internet. Hal ini tentunya akan memperkuat gagasan bahwa pendidikan adalah perjalanan panjang seumur hidup, bukanlah fase tertentu dalam kehidupan seseorang.

Sahabat Ahzaa, dari uraian diatas bisa kita simpulkan bahwa perkembangan jaman menuntut guru untuk menyesuaikan terhadap apa yang dihadapi. Guru yang peka jaman tidak hanya menyampaikan materi dalam proses pembelajaran di dalam kelas saja namun juga bisa menyampaikannya melalui segala situasi, kondisi dan juga waktu dan salah satu media penyampaiannya adalah melalui blog. Blog akan membuat hubungan yang lebih kuat antara guru, rekan- rekan guru dan siswa- siswanya. Hal itu tentunya akan berkontribusi secara positif terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia.
Demikian artikel saya mengenai mengapa guru harus nge-Blog, semoga tulisan ini bermanfaat bagi  saya pribadi khususnya  maupun rekan- rekan guru semua pada umumnya. Mohon maaf bila ada kekurangan, bila rekan- rekan mempunyai pendapat atau opini yang bisa menyempurnakan tulisan saya, silahkan isikan melalui kolom komentar dibawah ini.
Salam. 

Sumber Gambar : 
https://classteaching.files.wordpress.com

No comments:

Post a Comment