Media Info Belajar

Monday, June 20, 2016

Inilah Manfaat MOS Bagi Siswa Baru yang Perlu Diketahui

Setiap tahun ajaran baru, sekolah pasti menyelenggarakan kegiatan masa orientasi siswa atau yang disingkat dengan MOS. Kegiatan masa orientasi siswa dilakukan pada siswa yang baru masuk atau diterima pada sekolah tersebut. 

Nah, kadang- kadang beberapa hal yang identik dengan pelaksanaan MOS adalah kegiatan perpeloncoan dari kakak kelas (senior) kepada adik kelas (junior). Maka tidaklah mengherankan siswa baru yang sedang mengikuti MOS sering mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan dari kakak seniornya seperti banyaknya kekerasan atau pemakaian atribut yang aneh- aneh. Tentu hal tersebut akan menyebabkan pergeseran tujuan MOS yang pada awalnya bersifat mendidik, kemudian menjadi sebuah kegiatan pembodohan. 

Nah, sebenarnya apa sih tujuan atau manfaat dari kegiatan masa orientasi siswa (MOS), berikut ini akan kami paparkan beberapa manfaat sebenarnya dari kegiatan masa orientasi siswa (MOS).

1. Mengenal potensi diri siswa baru
Kegiatan masa orientasi siswa adalah kegiatan pengenalan terhadap siswa baru agar lebih mengenal terhadap lingkungan yang baru. Nah, salah satu kegiatan yang dilaksanakaan dalam MOS adalah menggali potensi siswa baru sehingga mereka akan bisa lebih mengoptimalkan potensi diri mereka. 

2. Membantu siswa baru mengenal lingkungan sekolah
Pengenalan terhadap lingkungan sekolah sangatlah penting bagi siswa baru. Selain bertujuan membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan yang baru kegiatan MOS juga berguna untuk menumbuhkan semangat belajar dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Lingkungan sekolah yang diperkenalkan meliputi fasilitas umum dan sarana dan prasarana sekolah.

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
Sistem sekolah baru tentu berbeda dengan sekolah yang terdahulu. Kegiatan MOS akan membuat siswa baru mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi dalam menghadapi lingkungan dan cara belajar yang tentunya berbeda dari sistem sekolah yang terdahulu. 

4.  Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah
Dalam kegiatan MOS yang berlangsung selama kurang lebih tiga hari, siswa akan diajarkan dalam kegiatan- kegiatan dalam MOS yang bersifat positif dalam sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. Oleh karena itu, dengan kegiatan MOS, siswa baru akan dapat mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan semua warga sekolah.

Demikian beberapa manfaat  MOS bagi siswa baru, semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan motivasi  para siswa baru dalam menghadapi lingkungan yang baru. Dan perlu diingat bahwa tujuan kegiatan MOS pada dasarnya bukanlah kegiatan perpeloncoan atau pem-bully-an kakak kelas terhadap adik kelas.
Mudah- mudahan adik- adik siswa baru bisa menjalankan kegiatan ini dengan lancar dan mendapatkan manfaatnya. 
Bila ada pertanyaan, tanggapan mengenai artikel ini, janganlah sungkan untuk mengirimkannya melalui kolom komentar di bawah ini.   
Terima kasih. Salam.