Media Info Belajar

Tuesday, July 26, 2016

Inilah Beberapa Kiat Sukses dalam Proses Wawancara Kerja

Dalam melamar pekerjaan, proses wawancara kerja merupakan tahapan yang paling menetukan diterima atau tidaknya kamu dalam sebuah perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, wawancara kerja membutuhkan persiapan matang agar tidak terjadi kesalahan- kesalahan yang tidak boleh terjadi. 
Bila dilihat dari lama waktunya, sebenarnya proses wawancara tidak berlangsung lama dan tidak sulit, namun, seringkali kita melihat bahwa pelamar merasakan gugup atau nervous dalam tahapan ini.  nah, berikut ini beberapa tips atau kiat sukses dalam proses wawancara kerja. 
Sumber gambar : Google Search Image

Ketahui Deskripsi Pekerjaan
Mengetahui deskripsi pekerjaan merupakan hal yang sangat penting dalam kerja karena untuk menyesuaikan kemampuan pendidikan atau akademik yang kamu miliki. Dalam wawancara, biasanya kamu akan diberikan pertanyaan mengenai deskripsi pekerjaan, posisi, dan tanggung jawab dalam pekerjaan yang tentunya hal itu harus sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

Percaya Diri
Setiap orang harus memiliki rasa percaya diri yang baik dalam segala hal termasuk juga dalam wawancara. Perusahaan pasti akan merekrut karyawan yang memiliki rasa percaya diri yang baik melalui proses wawancara kerjanya. Dengan rasa percaya diri yang baik tentunya kamu akan dapat menjelaskan berbagai kelebihan, kemampuan yang kamu miliki. Prestasi akademik saja ternyata tidaklah cukup, namun dengan tambahan percaya diri yang kamu miliki terhadap apa yang kamu hadapi pasti akan membuatmu memiliki nilai tambah untuk dapat diterima.

Penampilan
Selain percaya diri, penampilan adalah hal yang utama juga dalam proses wawancara. Penampilan pelamar bisa dijadikan salah satu pertimbangan juga dalam sebuah perekrutan karyawan di perusahaan. Penampilan yang rapi memang tidak harus membutuhkan harga yang mahal, namun lebih berkesan profesional. Misalnya saja bagi laki- laki bisa menggunakan kemeja dan atau berdasi serta rapi.

Sikap yang Baik
Dalam sesi wawancara, gunakanlah sikap yang sopan dan baik. Dengan sikap seperti bahasa tubuh saat berjabat tangan, duduk, pandangan ketika ditanya, merupakan salah satu pertimbangan kamu diterima kerja. Selain itu bersikaplah ramah terhadap pewawancara

Jujur dan tidak sombong
Terhadap pertanyaan yang diajukan dalam sesi wawancara, bersikaplah jujur dalam menjawabnya. Menutupi diri dengan kebohongan dalam menjawab pertanyaan akan berimbas fatal terhadap pekerjaanmu nantinya. Demikian juga bila kamu memiliki kemampuan, maka janganlah menyombongkan diri terhadap kelebihanmu, sebab hal itu juga merupakan penilaian terhadap sikap yang menjadi kriteria akankah kamu diterima atau tidak.

Demikian beberapa kiat suskses dalam wawancara kerja, semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang akan menjalani tahapan ini. Semoga sukses.