Media Info Belajar

Saturday, September 24, 2016

5 Keterampilan Digital Penting yang Wajib Guru Ketahui dalam Pembelajaran Abad 21

Seperti yang kita ketahui teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari- hari termasuk dalam bidang pendidikan. Nah, dalam dunia pendidikan, pembelajaran sudah bergeser dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran yang berbasis teknologi. Pembelajaran berbasis teknologi memberikan ruang bahwa guru bukanlah satu- satunya sumber ilmu karena sumber ilmu bisa diperoleh dari manapun dengan kemudahan teknologi. Dengan demikian saat ini guru harus bisa mengimbangi situasi yang dihadapi dalam proses pembelajarannya khususnya dalam pemanfaatan teknologi.
Ilustrasi/ sumber : http://www.aftabhussain.com
Dan untuk membantu hal tersebut diatas, berikut ini beberapa keterampilan penting yang harus guru miliki dalam penerapan teknologi pada pembelajaran abad 21 di kelas.

1. Membuat, mengolah dan memanfaatkan video interaktif dalam pembelajaran
Dalam pembelajaran di kelas, penggunaan video bukanlah hal yang baru lagi. Selain memberikan nuansa pembelajaran yang menyenangkan, penggunaan video juga memberikan pengalaman bagi siswa atau peserta didik. Oleh karena itu, salah satu keterampilan penting yang mesti dikuasai oleh guru abad 21 adalah kemampuan dalam mengedit, membuat, mengolah dan memanfaatkan video interaktif. Dalam menunjang penguasaan keterampilan ini, rekan- rekan guru semua dapat memanfaatkan fitur- fitur video yang disediakan secara luas di website saat ini antara lain seperti Blubbr, YouTube video editor,  Blubbr, Teachem, TED Ed, Edpuzzle dan masih banyak yang lainnya. Tertarik untuk mengembangkan keterampilan ini, silahkan saja buka- buka beberapa penyedia fitur- fitur seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

2. Menggunakan Blog untuk memperluas peran peserta didik dalam pembelajaran
Blog sekarang ini bukanlah hal yang baru. Kegunaannya tidak hanya sebagai sarana untuk menumpahkan isi pikiran kita saja namun sebagai wadah juga untuk membagikan informasi kepada pembacanya. Begitupun juga dalam pembelajaran, Blog menurut saya adalah hal yang wajib dimiliki oleh guru di sekolah. Dengan Blog, guru bisa menuliskan  materi, pemberian tugas bahkan menuliskan pengalaman sebagai motivasi yang sangat berguna untuk keterlibatan siswa dalam pembelajaran. da berbagai macam platform blog yang bisa kita coba misalnya Blogger, Edublog, WordPress, Kidblog, Wikispaces, dan Weebly

3. Membuat Kuis Online
Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk lebih kreatif dalam pembelajarannya. Demikian guru juga dituntut lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajarannya. Salah satu hal yang sangat menarik disini adalah penggunaan kuis dalam pembelajaran. Namun yang ingin saya bahas disini adalah kuis secara online. Kuis dalam pembelajaran akan membuat peserta didik kita menjadi lebih kreatif dan menjadikan pembelajaran menjadi tidak membosankan. Yap, kita bisa mencoba beberapa website yang menyediakan fitur kuis ini seperti Testmoz, Quizalize, FlipQuiz, Riddle, dan QuizBean.  

4. Membuat Digital Portofolio
Dalam dunia pendidikan, portofolio berisikan berbagai hasil pekerjaan, tugas, dan juga nilai yang ditujukan untuk memberi gambaran tentang perkembangan belajar dan prestasi siswa. Bila sebelumnya kita masih menyuruh siswa mengumpulkan semua bentuk portofolionya secara konvensional, Dalam abad teknologi sekarang ini, Digital portofolio merupakan langkah yang tepat dalam menghimpun semua portofolio siswa kita. Selain lebih sederhana dan aman,  digital portofolio juga memudahkan kita untuk mengecek satu persatu portofolio dari peserta didik kita. Beberapa situs yang bisa kita coba seperti Google Sites, Weebly, Pathbrite, dan Silk.

5. Membuat Presentasi
Bagi guru membuat presentasi dengan powerpoint adalah hal yang biasa. Namun dalam hal ini, kita akan lebih mengembangkan keterampilan membuat presentasi kita yaitu dengan membuat presentasi yang berbasis internet. Kita bisa memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia melalui website- website tertentu misalnya Google Slides, Haiku Deck, Prezi, Zoho, dan sebagainya. 

Demikian beberapa keterampilan digital yang mesti dikuasai oleh guru abad 21. Semoga artikel ini bisa memberikan pengalaman baru bagi rekan- rekan guru. Terima kasih dan bila ada pertanyaan, saran, maupun kritik, silahkan isikan pada kolom komentar di bawah.