Tuesday, September 6, 2016

Inilah Sepuluh Fakultas Terfavorit Perguruan Tinggi yang Peminatnya Paling Banyak

Bisa melanjutkan ke perguruan tinggi merupakan impian setiap siswa SMA yang ingin melanjutkan  sekolahnya. Dengan berkuliah secara otomatis terjadi peningkatan keterampilan dan kemampuan serta bisa mengimbangi tuntutan karir di masa mendatang. Tentunya pemilihan jurusan harus menjadi prioritas utama dalam menapaki jenjang kuliah sehingga jangan sampai salah jurusan yang tentu akan menghambat perkembangan kemampuan sendiri. Di awal pendaftaran tentu banyak calon mahasiswa bingung dalam menentukan pilihan tentang jurusan apa yang akan diambil. Nah, pada tulisan berikut akan saya coba paparkan jurusan apa saja yang merupakan favorit calon mahasiswa untuk dimasuki beberapa tahun terakhir ini.
Ilustrasi gambar/ source : dok. ahzaa
.
1. Teknologi Informasi/Ilmu Komputer
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, fakultas teknologi informatika menjadi salah satu fakultas yang begitu banyak diminati sekarang ini. Prospek kerja yang  luas dan menjanjikan membuat fakultas ini menjadi pilihan siswa SMA untuk melanjutkan studinya. Setelah lulus mereka dapat bekerja di BUMN maupun swasta. Mereka dapat berkarir menjadi seorang  Programmer, Software Engineer, IT Consultant, Web Engineer, Database Administrator serta Game Developer.
Adapun kampus perguruan tinggi negeri paling favorit dalam pilihan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri adalah ITB, UGM, UI, dan ITS.  

2. Akuntansi
Akuntansi bisa dibilang sebagai jurusan yang paling banyak peminatnya. Hal itu bisa dilihat dari data seleksi pendaftaran mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi yang menunjukkan banyaknya minat calon mahasiswa mendaftar jurusan ini. Prospek kerja jurusan ini juga lumayan luas meliputi pekerjaan akuntan pada sebuah perusahaan, konsultan, bidang bisnis, ekonomi bahkan bidang yang luas lainnya seperti bidang hukum.
Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  terfavorit  dengan jurusan akuntansi adalah UGM, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, UI, Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Hasanudin, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara.

3. Hukum
Fakultas hukum menjadi sebuah pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa baru. Prospek kerja lulusan hukum juga luas. Mereka dapat bekerja menjadi seorang pengacara, pegawai negeri sipil (PNS) atau menjadi seorang notaris. Beberapa universitas dengan fakultas hukum yang banyak diminati adalah Universitas  Indonesia (UI), UGM, Universitas Padjadjaran, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, USU, Unand dan Unsri.

4. Kedokteran Umum
Bisa dikatakan kedokteran umum menjadi sebuah pilihan favorit bagi calon pendaftarnya baik ke perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan tinggi swasta (PTS). Salah satu alasan mengapa kedokteran begitu favorit adalah prospek kerja menjadi seorang dokter, Profesi dokter dipandang sebagai profesi yang mulia, membanggakan, bahkan keren, maka tidak heran pendaftar jurusan ini masih begitu banyaknya. PTN yang terfavorit untuk kedokteran umum di Indonesia adalah dan UGM selanjutnya Unpad, Unair, Undip dan Unibraw, USU, Unhas, Unand, dan Unsri. 

5. Psikologi
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku kejiwaan manusia. Dengan permasalahan kehidupan yang kompleks yang menyangkut kejiwaan manusia membuat jurusan ini begitu banyak diminati. Prospek atau peluang kerja bagi mereka yang lulus kuliah, mereka dapat bekerja di perusahaan sebagai HRD, Psikolog, konselor atau guru BK sekalipun. PTN terfavorit untuk bidang psikologi adalah UGM. UI, Unpad, Undip, Unair, Unibraw, USU, Unnes, dan Universitas Negeri Surabaya. 

6. Manajemen
Banyak yang bilang bahwa jurusan manajemen menjadi jurusan yang paling banyak mahasiswanya dibandingkan dengan jurusan yang lain. UI dan UGM menjadi dua kampus negeri terfavorit untuk program studi manajemen. Selain itu   Unpad, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, USU, dan Universitas Jenderal Soedirman menjadi kampus dengan jurusan manajemen populer lainnya. Ilmu manajemen sebenarnya merupakan disiplin ilmu yang merambah semua bidang khususnya dalam bidang bisnis dan ekonomi. Dengan prospek kerja yang menjanjikan, calon mahasiswa akan memilih jurusan ini dalam pemilihan jurusan perkuliahannya.

7. Hubungan Internasional
Mempelajari situasi terkini berkaitan dengan keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya antar negara merupakan topik yang sangat menarik untuk dipelajari saat ini dengan berbagai isu yang berkembang di dalamnya.  Salah satu jurusan yang mewadahi semua hal tersebut adalah jurusan hubungan internasional dalam perkuliahan. Dengan prospek kerja yang luas dan menjanjikan seperti diplomat, konsultan, politisi, jurnalis, akademisi dan sebagainya membuat jurusan hubungan internasional menjadi salah satu jurusan favorit bagi calon mahasiswa. Universitas negeri dengan jurusan hubungan internasional yang paling terfavorit adalah UI peringkat pertama lalu disusul oleh UGM, Unair, Unpad, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, Universitas Negeri Makassar, serta UNS.

8. Teknik Sipil
Bila membahas tentang teknik sipil tentunya tidak jauh- jauh dari sistem perancangan, pembangunan, pemeliharaan, renovasi bangunan , dan fasilitas umum. Cakupan lulusan jurusan ini lumayan luas mulai dari bekerja di BUMN, pegawai negeri di kementrian pekerjaan umum, konsultan atau kontraktor dan sebagainya. Perguruan tinggi yang menjadi favorit adalah ITB, UGM, UI, ITS, Undip, Unhas, Unibraw, USU, Unud, dan Unand.

9. Teknik Industri
Perkembangan teknologi industri yang begitu pesatnya saat ini mendorong kebutuhan akan ahli dalam bidang industri meningkat. Peluang kerja yang luas membuat jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. ITB masih terfavorit para pendaftar. Kemudian diikuti oleh UGM, UI, ITS, Undip, USU, Unhas, UNS, Unud, dan Unand.
10. Teknik Mesin
Jurusan teknik mesin memang menjadi salah satu jurusan favorit. Bagi yang suka dengan permesinan, jurusan ini sangat cocok untuk dimasuki. Peluang kerja yang luas dan banyaknya kebutuhan akan ahli permesinan membuat jurusan ini banyak diminati bahkan meningkat dari tahun ke tahun. ITB masih menjadi terfavorit bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin. Selain ITB, ada juga UGM, UI, ITS, Undip, dan Unibraw, USU, Unhas, Universitas Negeri Medan,dan  Unsri.

Demikian sepuluh fakultas terfavorit perguruan tinggi yang banyak peminatnya. Tentu masih banyak lagi jurusan- jurusan lainnya yang belum bisa saya bahas pada tulisan ini. Semoga tulisan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan bagi adik- adik yang akan melanjutkan pendidikannya. Terima kasih.