9/28/2016

Tekno Guru : Yuk Buat Kuis, Survey dan Diskusi Menarik di Kelas Anda dengan Kahoot

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis mengenai lima website penting untuk membantu pembelajaran abad 21 di kelas Anda. Nah,  ada salah satu poin dalam artikel tersebut yang akan saya bahas secara khusus dalam tulisan ini adalah mengenai pembuatan kuis, diskusi, maupun survey secara online dengan sebuah web tool yang menurut saya sangat perlu untuk dicoba yaitu Kahoot. Bagi rekan- rekan guru yang belum mengetahui apakah itu Kahoot, berikut ulasannya.

Kahoot merupakan salah satu web tool untuk membuat kuis, diskusi dan survei secara menarik. Dalam pendidikan, Kahoot bisa kita gunakan di kelas kita untuk membuat pembelajaran kita lebih menarik dan menyenangkan. Kahoot memberikan situasi pembelajaran yang cocok untuk menggabungkan pembelajaran berbasis penyelidikan dan permainan. Menurut saya, penggunaan Kahoot ini sangat cocok juga dipadukan dengan pembelajaran pada kurikulum saat ini yaitu kurikulum 2013- revisi.
Kelebihan- kelebihan yang dimiliki oleh Kahoot antara lain pada web tool ini memungkinkan guru untuk membuat kuis, diskusi maupun survey dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, gambar maupun teks. Kemudian siswa  dapat mengakses dengan menggunakan beragam perangkat yang berbeda seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya dengan mudah. Guru juga bisa menambahkan batasan waktu untuk menjawab kuis atau survey yang sudah diberikan sehingga bukan hanya jawaban benar saja yang diperlukan namun juga ketepatan waktu juga menjadi poin utama dalam menjawab kuis atau survey yang diberikan oleh guru.

Selain itu, kahoot dalam pembelajaran juga dapat membantu guru untuk mengumpulkan umpan balik informal dari siswa, menilai pemahaman belajar siswa, dan membuat jajak pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. Dalam segi kreativitas, Kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan tapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri.

Sistem Kerja Kahoot
Bagi rekan rekan guru yang mau mencoba menggunakan Kahoot, berikut ini tutorial sederhana yang saya buat untuk membantu rekan- rekan yang membutuhkan.
Pertama- tama bisa mengunjungi alamat http://www.getkahoot.com kemudian silahkan sign up untuk mendaftar. Jangan lupa ya... siapkan alamat email aktif untuk registrasi.
Tutorial Kahoot
Isikan form registrasi secara lengkap
Setelah berhasil Sign Up dan masuk ke halaman Dashboard Kahoot, Pilihlah salah satu fitur yang tersedia apakah Quiz, Discussion, atau Survey. Disini saya memilih Quiz, karena ingin membuat Kuis secara online.
Tutorial Kahoot
 Isikan Deskripsi dari kuis yang ingin anda buat misalnya judul, deskripsi, settingan untuk kuis. Pada settingan "Visible to", silahkan pilih "Only me" bila kuis hanya bisa dibuka dan ditampilkan untuk keperluan anda sendiri misalnya untuk pembelajaran di kelas kita. Anda juga bisa menambahkan gambar yang relevan. Kemudian jangan lupa klik OK, GO bila sudah selesai.
Tutorial Kahoot
Setelah berhasil membuat deskripsi kuis anda, saatnya untuk memulai membuat pertanyaan dalam kuis yang akan anda buat. Pilih Add Question.
Tutorial Kahoot
Pada tampilan pertanyaan, silahkan isikan:
- Question : untuk membuat pertanyaan
- Time limit : Batasan waktu
- Answer : Jawaban yang dibutuhkan
- Media : menambah gambar atau video
Setelah selesai, centang pada jawaban yang benar sebagai kunci jawaban kemudian klik Next
Tutorial Kahoot



Dan,,,Selamat,, Pertanyaan no. 1 sudah selesai dibuat, sekarang tinggal menambahkan pertanyaan- pertanyaan berikutnya. Langkahnya sama seperti langkah sebelumnya. Bila sudah selesai, klik Save pada sebelah kanan atas.
Tutorial Kahoot

Pilih Preview it atau Play it,
Tutorial Kahoot

Pada Game Options, pilihlah Display Game Pin Throughout untuk menampilkan PIN yang nantinya akan diberikan pada siswa kita. Lalu pada bagian atas, pilih sistem permainan secara Classic atau Team kemudian nomor PIN akan muncul pada layar anda.
Tutorial Kahoot

Langkah yang terakhir adalah instruksikan siswa anda dengan menggunakan smartphone, tablet atau laptop yang sudah terkoneksi dengan internet untuk membuka kuis yang anda buat. Berikan PIN tersebut kepada siswa anda.
Masuk ke https://kahoot.it lalu instruksikan siswa untuk masukkan no. PIN yang sudah diberikan.

Nah, demikian tulisan sederhana tentang bagaimana membuat kuis, diskusi dan survey yang menarik dengan Kahoot. Semoga tulisan ini bisa membantu anda khususnya rekan- rekan guru yang ingin membuat pembelajaran anda lebih menarik dan menyenangkan.
Bila ada saran, pertanyaan, kritik atau komentar, silahkan hubungi di email saya di halaman Contact Me, atau melalui kolom komentar di bawah ini.  Terima kasih.
  

No comments:

Post a Comment