Friday, November 4, 2016

Mau Buat Website Kelas, Dua Platform "Web Tool" Website Ini Mungkin Berguna untuk Anda

Sahabat Ahzaa, Selama berkecimpung dalam dunia blog dan website mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan platform pembuatan blog seperti wordpress dan atau blogger. Kedua platform blog tersebut tentu saja mempunyai kelebihan masing- masing yang bisa menampung segala keinginan usernya masing- masing. Adapun tujuan pembuatan blog saat ini sangat beragam bila dibandingkan saat awal- awal penggunaan blog. Pada intinya, blog adalah sumber segala informasi yang merambah kesemua bidang kehidupan, demikian juga dalam bidang pendidikan.  
Berkaitan dengan pendidikan, sebagai seorang guru yang hidup di abad 21, tentu saja kita tidak bisa terlepas dari peran internet sebagai sumber informasi khususnya penggunaan blog. 
Nah, pada artikel ini, saya akan berbagi informasi khususnya bagi rekan- rekan guru yang ingin menerapkan blog sebagai media atau sarana penunjang pembelajaran di kelas. Disini ada dua web tool untuk pembuatan website kelas yang akan saya ulas, yaitu Wix dan Weebly for Education.
Langsung saja berikut ulasannya.

1. Wix
Wix merupakan sebuah platform pembuatan website untuk membuat sebuah website kelas yang menarik untuk diterapkan dikelas anda. Dengan fitur yang lengkap dan editor yang mudah, tentu saja rekan- rekan guru akan mudah dalam membuat dan mengisi website anda semua dalam hitungan menit. 
Adapun beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Wix meliputi: template yang lengkap, kemudahan dalam upload font anda sendiri, fitur untuk menambahkan Google Maps ke website anda, menyisipkan animasi GIF untuk konten, menampilkan koleksi foto, peristiwa atau momen spesial melalui slideshow yang menakjubkan dan tentunya masih banyak lagi fitur yang lainnya.
Bila anda tertarik untuk mencobanya, silahkan saja kunjungi website nya di http://www.wix.com.

2. Weebly for Education
Weebly for Education adalah platform website lain yang juga tidak kalah menarik. Platform ini memungkinkan kita sebagai guru untuk membuat dan merancang website kelas secara lebih baik. Selain itu Weebly for Education juga memungkinkan kita membuat e-portofolio siswa. Untuk membuatnya sangatlah sederhana yaitu masuk ke akun Weebly (terlebih dahulu sign up akun) dan kemudian masuk ke editor mulai mengedit tampilan dan mengisi konten dari situs Anda. 
Dengan Weebly for Education, anda dapat mengupload berbagai macam bahan multimedia seperti video, gambar, teks, peta, dan banyak lagi. Fitur lain yang menarik dari Weebly adalah bahwa platform ini menawarkan kita lingkungan pembelajaran yang menarik, kemudahan dalam berbagi dan publikasi konten digital. Guru juga memiliki kontrol penuh atas situs web mana yang umum atau yang bisa diakses siapapun dan juga yang bersifat pribadi, atau yang dapat diedit oleh siswa. Selain itu kita juga bisa mengawasi situasi belajar siswa kita dirumah.
Menarik bukan? Silahkan pelajari dan kunjungi website nya di https://education.weebly.com