Friday, March 10, 2017

Tekno Guru : Mau Buat Kuis, Polling, atau Formulir dengan Cepat dan Mudah, Yuk Coba Gunakan Tool Google ini

Halo sahabat Ahzaa, pada posting kali ini saya akan mengulas mengenai sebuah tool dari Google yang sangat bermanfaat untuk membuat kuis, polling atau formulir dengan sangat mudah. Seperti kita ketahui, Google menyediakan fasilitas Google Docs untuk kemudahan mengolah dokumen dalam aktivitas kita setiap harinya. 

Berkaitan dengan Google Docs, disini yang akan saya bahas adalah mengenai add on dalam Google Docs, yaitu GFormIt. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu GFormIT, berikut ulasannya.

GFormIt adalah sebuah tool untuk membantu mempermudah dalam membuat Google Form. Sistem cara kerja dari tool ini sangat sederhana dan mudah, anda hanya perlu menyusun pertanyaan (dan mungkin jawaban) menggunakan Google Docs seperti biasanya. Kemudian klik add on GFormIt. Dengan GFormIt, anda tidak akan lagi menghabiskan banyak waktu untuk membuat Google Form. 

Dalam dunia pendidikan, khusunya bagi guru, kita bisa menggunakannya untuk membuat kuis dan ujian. Kita juga dapat menggunakannya sebagai alat penilaian formatif untuk membantu dalam mengumpulkan umpan balik dari siswa kita dengan menggunakan jajak pendapat dan survei yang kita buat dari pertanyaan dari dokumen Google. Oleh karena itu, tool ini wajib diketahui oleh guru yang ingin menerapkan pembelajaran berbasis teknologi di kelasnya.  

Langkah- langkah penggunaan GFormIt 

Masuk ke Tab GFormIt lalu pastikan GFormIt sudah terpasang, kalau belum silahkan Install GFormIt. Tampilan berikut adalah saat GFormIt sudah terpasang



Buka Google Dokumen lalu  buatlah judul dokumen anda



Buatlah isian form seperti nama, tempat/ tanggal lahir, jenis kelamin, dan sebagainya, lalu Klik Menu Add On > GFormIt for Docs > Generate Form. 




Setelah itu akan muncul pop up notifikasi tentang pemberitahuan pengiriman ke email anda. Klik OK


Buka email anda, dan klik link Google Form anda.



Setelah menge-klik link tersebut, anda akan dibawa menuju halaman Google Form yang sudah anda buat.


Mudah kan? Bentuk form dan isian form tergantung dari kreatifitas anda. Contoh diatas hanyalah pembuatan sederhana dari isian form dengan menggunakan GFormIt. Oke, selamat mencoba. Jangan lupa tuliskan komentar bila anda sudah mencoba GFormIt. 

Semoga bermanfaat.