Media Info Belajar

Wednesday, July 5, 2017

Grammarly- Aplikasi yang Tepat Memeriksa Kesalahan Grammatikal Bahasa Inggris Kita

Menulis kalimat atau artikel dalam bahasa Inggris bagi pembelajar pemula bukanlah hal yang mudah. Selain kosakata yang mesti dikuasai  ternyata ada aspek lain yang tidak kalah pentingnya yaitu penggunaan grammar yang juga harus tepat. Sebagian besar kesalahan yang terjadi adalah penggunaan kata dan grammar yang kurang tepat dalam penulisan. Tentu saja, hal ini akan mengubah makna pesan yang akan kita sampaikan. 

Nah, berkaitan dengan hal tersebut diatas, pada posting kali ini saya akan mengulas mengenai sebuah alat atau ekstensi dari Chrome yaitu Grammarly



Grammarly merupakan sebuah alat yang akan membantu anda meminimalisir kesalahan dalam penulisan bahasa Inggris seperti dalam pesan, dokumen, dan posting media sosial. Anda hanya menambahkan Grammarly ke dalam Chrome anda dan ekstensi ini akan secara otomatis memeriksa kesalahan penulisan anda baik dalam Gmail, Facebook, Twitter, Linkedin, Tumblr, dan hampir di tempat lain yang anda tulis di web. 

Grammarly juga dirancang untuk meningkatkan penulisan dengan menawarkan penjelasan kesalahan lebih dari 250 masalah tata bahasa. Selain itu, aplikasi ini juga menyarankan koreksi dan bantuan untuk menghindari plagiarisme. 

Dalam hal ini, Grammarly sangatlah tepat digunakan sebagai aplikasi pembelajaran baik oleh guru maupun siswa. Bagi guru, alat ini akan memudahkan memeriksa pekerjaan siswa khususnya dalam kesalahan ejaan, grammar bahasa Inggris siswa. Sedangkan bagi siswa  Grammarly mendeteksi kesalahan dan memberikan umpan balik yang berharga dalam tulisan mereka. Siswa dapat menyesuaikan jenis koreksi berdasarkan jenis dokumen, seperti surat, laporan, atau tugas lainnya.

Ada dua versi yang disediakan oleh Grammarly yaitu free version dan Premium version. Tentunya, premium version menyediakan fasilitas yang lebih lengkap daripada yang free version. 

Selamat mencoba.