Media Info Belajar

Saturday, July 22, 2017

Mudahnya Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan PowToon

Penggunaan multimedia dalam pembelajaran khususnya video animasi saat ini menjadi daya tarik utama siswa terhadap materi yang diajarkan. Kita tidak dapat memungkiri bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia khususnya video animasi akan mudah sekali diterima bagi siswa. Namun, sulitnya pembuatan video animasi menjadi salah satu kendala dalam hal ini. maka tidak heran apabila penggunaan video animasi  dalam pembelajaran hanya terbatas pada kalangan tertentu saja misalnya pada tingkatan perkuliahan. 

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini memberikan keuntungan yang berlipat bagi dunia pendidikan kita. Kita bisa membuat berbagai macam metode pembelajaran berbasis teknologi yang bisa kita terapkan dalam kelas kita. Teknologi juga memungkinkan kita  untuk membuat dan menerapkan multimedia khususnya pada video animasi yang bisa kita buat sendiri secara mudah dan menarik sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan pada siswa kita. 


Masih berhubungan dengan penerapan teknologi dalam pembelajaran, beberapa waktu yang lalu saya menulis sebuah ulasan singkat mengenai presentasi pembelajaran dengan video animasi ( Baca juga : Dua Web Tool untuk membuat Video Animasi dalam Pembelajaran ). Sebagai kelanjutan dari tulisan tersebut, pada hari ini, saya akan membahas tentang salah satu dari webtool tersebut dalam membuat animasi video secara mudah dan tentu saja menarik. Sebagai contoh,  saya akan membuat video animasi pembelajaran dengan salah satu bantuan website, yaitu Powtoon. Powtoon merupakan situs atau website untuk memudahkan membuat video animasi untuk diterapkan baik dalam dunia pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya.  Disini saya akan membuat sebuah video animasi perkenalan guru di kelas

Oke langsung saja, berikut langkah- langkahnya.

1. Buka halaman website-nya di https://www.powtoon.com, kemudian sign up terlebih dahulu bagi yang belum mempunyai akun. Lebih baik, gunakan akun Google anda sebagai akun untuk pendaftaran karena berhubungan dengan tahapan yang terakhir. Pada halaman Powtoon berikut ini, silahkan pilih bentuk animasi yang ditawarkan oleh Powtoon. Sebagai pemula, kita bisa memilih pilihan yang ketiga melalui template- template yang sudah jadi atau tersedia. Kita tinggal mengedit template tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Ada dua versi Powtoon, yaitu gratis dan berbayar, untuk yang berbayar, kita bisa memilih template, animasi, serta character yang sifatnya "pro". Namun jangan khawatir, untuk versi yang gratis, template- template yang disediakan juga sudah menarik.



2. Pilih kategori template yang tersedia. Saya memilih kategori template sesuai dengan konteks yang saya inginkan yaitu perkenalan pertama saat mengajar dengan "Teacher Introduction" template. Klik "use" untuk mengedit template ini dan  atau klik "preview" untuk melihat seperti apa animasi yang akan dihasilkan. Dalam tahapan ini, saya pilih "use" untuk langsung menggunakannya. Berikut tampilannya. 



3. Edit slide- slide video pada template anda sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Setelah selesai, klik ekspor untuk upload, download dan share hasil pembuatan animasi video anda. 


5. Ada empat pilihan, setelah anda menge'klik' ekspor, publish, upload, download, dan share. Untuk versi yang berbayar (pro), anda bisa langsung mendownload hasil animasi anda melalui format MP4, Namun bila masih memakai yang gratisan, caranya adalah upload dulu via Youtube tentunya dengan melalui akun (channel Youtube) anda. Kemudian download animasi anda melalui video Youtube tersebut. (Cara download via Youtube bisa browsing melalui Google) 





6. Untuk upload ke Youtube, anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Pilih Upload to, lalu tentukan Akun Google yang akan digunakan, lalu klik next. Pada halaman details, isikan deskripsi, kategori video anda dan klik next. 

7. Pada halaman quality, pilihlah resolusi yang disarankan, untuk versi gratis, hanya bisa memilih standard quality. Bila sudah, klik Upload.

8. Beginilah hasil akhirnya.




Demikian tutorial singkat membuat video animasi dalam pembelajaran. Semoga bisa membantu anda dalam membuat kelas anda menjadi lebih berwarna. Bila ada pertanyaan atau saran, silahkan isikan pada kolom komentar dibawah ini. 

Terima kasih.