Friday, September 29, 2017

Membuat Presentasi Kolaboratif dengan Fitur dari Google Drive

Membicarakan teknologi dari Google itu rasa-rasanya seperti tidak ada habisnya. Saat teknologi yang satu muncul dan kita belum "mencicipinya", sudah muncul lagi teknologi yang baru. Berbagai hal termasuk dunia pendidikan juga tak luput dirambah oleh Google. Sebagai contoh saja dalam pembelajaran di kelas, kita bisa memanfaatkan fitur- fitur dan tips dari Google for Education dan tentu masih banyak lagi fitur- fitur Google yang memudahkan penggunanya dalam bekerja maupun berinteraksi dengan lainnya.


Salah satu fitur dari Google yang kita bisa maksimalkan pemanfaatannya adalah Google Drive. Seperti yang kita ketahui, Google drive merupakan layanan penyimpanan data dari Google yang berbasis cloud. Selain untuk menyimpan data, Google Drive juga memberikan layanan untuk terhubung dengan fitur Google lainnya seperti Gmail, Google Search, Google Docs, Google Slides dan sebagainya.

Kemudahan- kemudahan serta fitur yang lengkap diatas menjadikan Google sebagai alat yang paling banyak digunakan saat ini. Sebagai contohnya adalah Google Slides. Dalam dunia per-presentasi-an, kita bisa menggunakan Google Slides sebagai alternatif dari alat presentasi yang  selalu kita pakai saat ini dari buatan Microsoft.

tampilan Google Slides


Kelebihan dari Google Slides yang kita pakai sekarang ini adalah kita bisa membuat sebuah presentasi kolaboratif untuk kita pakai di kelas dengan menggunakan fitur "linked slides". Fitur ini sangat berguna untuk kolaborasi secara real-time. Anda dapat dengan mudah menyalin slide dari satu presentasi dan memasukkannya ke gambar lainnya dalam slide. Semua yang anda tambahkan ke slide sumber akan disinkronkan secara otomatis dengan versi yang disalin. 

Selain itu siswa dapat menggunakan fitur "embedding slide" untuk berkolaborasi dalam presentasi mereka. Mereka akan dapat memaksimalkan kerja mereka dan membuat presentasi mereka tetap up-to-date. Pada prinsipnya, penggunaan Google Slides untuk kelas kolaboratif ini hampir sama dengan penggunaan fitur dari Google Docs untuk kelas kolaboratif yang sudah pernah saya ulas sebelumnya.


Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.