Thursday, October 5, 2017

3 Website Terbaik untuk Menciptakan Kelas Kolaboratif Bagi Guru

Ada banyak cara untuk membangun kelas kolaboratif salah satunya dengan bantuan website. Bermacam situs tersedia secara luas di internet untuk mendukung pembuatan kelas kolaboratif. Tentu saja ini sangatlah menguntungkan bagi guru karena bisa memilih manakah yang terbaik dan pas untuk diterapkan di kelas. 

Nah, berikut ini beberapa situs terbaik untuk membangun kelas kolaboratif bagi guru. Semoga saja bisa menjadi sebuah pilihan, referensi dan pandangan untuk menerapkan kelas kolaboratif dalam pembelajaran.

1. Google Docs
Google Docs
Seperti yang sudah banyak saya bahas pada posting- posting sebelumnya, Google Docs merupakan salah satu pembangun kelas kolaboratif bagi guru. Berbagai fitur kolaboratif disediakan oleh Google Docs seperti peng-editan, forum diskusi, sinkronisasi proyek, berbagi komentar dan masih banyak lagi lainnya.  

Padlet sejatinya adalah sebuah kanvas digital untuk menciptakan proyek kolaborasi yang bagus serta mudah. Sistem kerjanya menyerupai selembar kertas. Padlet memungkinkan setiap orang untuk mengisikan pada halaman kosong tersebut berbagai hal misalnya, video, catatan wawancara, tulisan teks anda sendiri atau juga untuk mengunggah beberapa dokumen.

Trello merupakan sebuah website yang memungkinkan anda untuk membentuk kelas kolaboratif anda. Dengan media media Trello seperti papan tulis, daftar dan kartu memungkinkan anda mengatur dan memprioritaskan proyek anda dengan cara yang menyenangkan, fleksibel dan tentu saja bermanfaat.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.