Friday, October 20, 2017

Yuk Buat Siswa Berfikir Kreatif dengan Web Tool Ini

Salah satu hal yang mesti dikuasai guru  adalah mampu mengelola pembelajaran yang baik di  dalam kelas. Guru dapat memfasilitasi siswa untuk menjadi pemikir dan pemecah masalah yang baik yaitu dengan mengembangkan model- model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara efektif dalam belajar. Memang melalui kurikulum yang terbaru ini, guru dianjurkan untuk menerapkan model- model pembelajaran yang menuntut siswa untuk bisa berfikir kreatif. Oleh karena itu, diskusi dan pemecahan masalah akan sering kita temukan dalam pembelajaran di kelas. Diskusi memang salah satu hal yang efektif untuk merangsang siswa lebih berfikir kreatif. Dengan diskusi, setiap ide yang dimiliki anggota kelompok akan dapat tercurah dengan baik. Dalam hal ini peran guru adalah untuk mengakomodir siswanya untuk apat mencurahkan gagasan- gagasan mereka dengan benar.
forum diskusi

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, ada satu webtool menarik untuk membantu kegiatan anda dalam merangsang siswa untuk mencurahkan gagasan, berdiskusi kemudian membuat keputusan yaitu dengan GroupMap. GroupMap merupakan webtool yang dirancang untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berfikir mereka dengan curah gagasan (brainstorming) dan mengambil keputusan secara tepat.  
GroupMap
Dua langkah mudah untuk memulainya yaitu buatlah "map" berasarkan template- template yang sudah disediakan lalu undang semua siswa anda untuk berkontribusi di dalamnya baik melalui email, link atau password untuk menuju "map" yang anda buat sebelumnya.  GroupMap juga menyediakan beragam template grafik yang dirancang oleh guru yang dapat digunakan oleh siswa di kelas untuk melibatkan mereka dalam kegiatan untuk berpikir kritis.

Selain itu setiap kontribusi yang siswa buat akan mudah dipantau oleh guru secara real time. Kontribusi ide setiap siswa akan dibuat secara "anonymous", artinya siswa yang satu tidak dapat melihat ide dari siswa yang lain. Kemudian pada akhirnya guru akan menilai dan menarik kesimpulan, melihat kontribusi siswa, aktifitas mereka, dan proses pengambilan keputusannya. 

Untuk menggunakan layanan GroupMap ini, anda harus membayar biaya langganan untuk  guru perorangan adalah $ 8 / bulan dan untuk sekolah $ 1 per tahun per pengguna. Namun, anda bisa menggunakan layanan penuh untuk 14 hari pertama.

Selamat Mencoba