Saturday, November 18, 2017

Inilah Aplikasi untuk Mengasah Keterampilan Menulis (Writing Skill) Siswa

Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan menulis (writing) bahasa Inggris, salah satunya dengan menulis beberapa baris kalimat setiap harinya. Kita bisa tuangkan berbagai macam ide, hasil pemikiran atau pendapat kita mengenai hal- hal tertentu dalam kehidupan sehari- hari melalui goresan tulisan kita. Pada awal- awal menulis, sebagian besar kesalahan pasti terletak pada bentuk tata bahasa atau grammar yang digunakan. 
Quill

Sebagai guru, saat mengajar, kita pun pasti akan memasukkan materi grammar terlebih dahulu sebagai bahan dasar untuk belajar menulis siswa. Kita bisa merangsang keterampilan mereka dengan memberikan latihan latihan seperti membuat kalimat sederhana, menggabungkan dua kalimat, membuat kalimat kompleks dan menghubungkannya ke dalam penggunaan grammar atau tata bahasa yang tepat. 

Nah, berhubungan dengan mengasah keterampilan menulis (writing) siswa, ada satu alat yang tepat berhubungan dengan pembelajaran menulis (writing) dalam bahasa Inggris yaitu dengan menggunakan Quill. Quill merupakan sebuah platform untuk membantu para siswa mengasah kemampuan menulis mereka. Kita akan menemukan beberapa fitur yang tersedia oleh Quill seperti latihan menulis disertai dengan aktifitas grammar yang lengkap. Kita bisa menerapkannya untuk berbagai tingkatan siswa misalnya tingkatan sekolah dasar sampai dengan SMA. Penggunaannya mudah, cukup dengan menge-set kelas dalam Quill kemudian kita undang siswa- siswa dalam kelompok belajar kita untuk masuk di dalamnya dengan memberikan nomor kode unik kepada mereka. 

Beberapa fitur yang disediakan oleh Quill antara lain:

Quill Connect
Quill Connect
Fitur ini membantu siswa untuk membuat kalimat kompleks dengan melatih siswa menggunakan konjungsi untuk menggabungkan beberapa gagasan menjadi sebuah kalimat yang kompleks.

Quill Lesson
Quill Lesson
Quill Lesson memungkinkan guru untuk mengatur kelas dan membuat instruksi- instruksi tugas yang diberikan dalam kelas tersebut. Selain itu guru juga dapat menyediakan rencana pelajaran, topik penulisan serta rencana tindak lanjut tugas siswa.

Quill Diagnostic
Quill Diagnostic
Fitur ini memberikan data kepada siswa tentang keterampilan yang harus mereka kuasai dan pelajari dengan pertanyaan diagnostik yang disediakan.

Quill Proofreader
Quill Proofreader
Dengan fitur ini, siswa dapat belajar merevisi tulisan bahasa Inggris dalam segia grammatikal error pada bentuk- bentuk teks yang tersedia. Ada lebih dari 100 macam teks ekspositori yang bisa digunakan sebagai latihan.

Quill Grammar
Quill Grammar
Dalam fitur ini, siswa akan berlatih penggunaan grammar yang tepat dari penggunaan tanda baca sampai dengan bentuk struktur yang kompleks.  Terdapat lebih dari 150 kegiatan latihan menulis kalimat untuk membantu siswa. 

Nah, sahabat Ahzaa, semoga aplikasi ini bisa berguna bagi rekan- rekan guru khususnya guru bahasa Inggris untuk membantu siswa- siswanya mengasah keterampilan "writing" mereka. Untuk lebih lengkapnya, bisa lanjut ke site Quill.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa tuliskan kesan anda terhadap tulisan ini di kolom komentar ya..

Referensi tulisan :
https://www.blog.google/topics/machine-learning/quillorg-better-writing-machine-learning