Wednesday, November 1, 2017

Tips Menyelesaikan Soal Cloze Test Bahasa Inggris USM PKN STAN

Menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) bagi sebagian besar rakyat Indonesia masih menjadi primadona. Bagaimana tidak, kita bisa melihat data jumlah pendaftar yang membludak ketika pendaftaran calon pegawai negeri sipil dibuka. Situasi yang sama terjadi pada saat pendaftaran sekolah kedinasan setiap tahunnya,  ratusan ribu pendaftar memperebutkan peluang untuk dapat diterima kuliah di sekolah tinggi kedinasan seperti PKN STAN, STIS, IPDN, STMKG, dan sebagainya. Peluang menjadi aparatur sipil negara setelah lulus menjadi faktor utama. Dari semua sekolah kedinasan yang dibuka pemerintah, terfavorit adalah PKN STAN, hal itu dilihat dari banyaknya pendaftar pada tahun 2017, mencapai 166.315 dengan kuota yang tersedia sebanyak 6.961 (data dari media online Indopos). Maka sudah barang tentu, peluang untuk masuk dan keterima sangatlah kecil, akan tetapi berdoa, belajar dan latihan masih menjadi faktor utama penentu keberhasilan.
PKN STAN

Untuk berhasil, anda harus familiar  dengan soal- soal ujian masuk PKN STAN. Seperti yang kita ketahui, soal bahasa Inggris PKN STAN beberapa tahun terakhir ini mencakup structure and written expressions, cloze test dan reading text. Nah, khusus pada tulisan kali ini, kami akan membahas mengenai  soal cloze test pada soal ujian masuk PKN STAN. Soal cloze test adalah  tipe soal reading text dengan bacaan yang terdapat rumpang - rumpang ditengahnya. Tidak hanya kemampuan reading saja, namun juga kemampuan penguasaan grammar yang baik diperlukan untuk menjawab soal tipe ini. 

Dalam setiap teks, biasanya terdapat lima atau enam rumpang kemudian kita diminta memilih penggunaan kata yang tepat sesuai dengan konteks bacaan. Kata- kata tersebut dapat berupa  noun, verb, adjective, adverb, atau preposition. 

Berikut tips- tips untuk menyelesaikan soal cloze test dalam soal bahasa Inggris USM PKN STAN.
  1. Bacalah teks kemudian perhatikan kata kunci dalam teks untuk mendapatkan ide tentang topik dalam teks.
  2. Pahami tema paragraf.
  3. Perhatikan kata hubung atau konjungsi yang tepat dalam kalimat. Konjungsi berfungsi untuk menyambungkan dua atau lebih kata, kalimat, maupun klausa.
  4. Hilangkan pilihan, Setelah anda menilai konteks seluruh paragraf dan konjungsinya, hilangkan pilihan yang tidak sesuai dengan itu.
  5. Makna kontekstual yang benar. Kadang sebuah kata memiliki banyak arti, oleh karena itu penting untuk memahami penggunaan kata secara kontekstual dalam kalimat.
Sebagai contoh, berikut kami lampirkan soal Cloze Test Bahasa Inggris USM PKN STAN tahun 2016.

Mosses and lichens are often confused, in part because many common names for lichens include the word “moss.” ____(141), the two organisms are radically different and are not even in the same kingdom. Both are fascinating organisms, often overlooked because they are small and not very showy. They grow all over the world and are used for dyes, animal fodder, ornamentation, medicines, and religious practices.
Lichens are perhaps the most amazing living things on Earth, because they represent a symbiotic relationship between a fungus and ____ (142) algae or cyanobacteria. The symbiotic nature of lichen was not fully understood until the 19th century, when the idea was first proposed. They form a fascinating example of cooperative relationships in nature, with the fungus using the algae or bacteria to produce energy, while the algae or bacteria enjoys the protection the fungus provides.
These organisms reproduce in several ways. Many produce spores that attempt ____ (143) partner algae or bacteria, while ___ (144)  reproduce through fragments of the lichen that break off and scatter. They can grow almost anywhere in the world, from extremely acidic soil to freezing arctic conditions, and are found ___ (145) on trees, rocks, and everything in between. Contrary to popular belief, the lichens that colonize trees, such as members of the Usnia family, are not harmful to their hosts, and in fact, they often capture valuable nutrients.

141.  (A) moreover     (B) hence       (C) in fact       (D) accordingly
142.  (A) either          (B) neither     (C) both         (D) also
143.  (A) capturing    (B) captured   (C) captures   (D) to capture
144.  (A) others         (B) the other (C) another     (D) the others
145. (A) grown         (B) to grow     (C) grew         (D) growing


Pembahasan.

141. Konjungsi yang tepat dalam kalimat tersebut adalah in fact, yang berarti pada kenyataannya, Konjungsi tersebut untuk menegaskan pernyataan pada kalimat sebelumnya, " Mosses and lichens are often confused, in part because many common names for lichens include the word “moss.
sehingga pilihan jawaban yang benar adalah pilihan (C).
Kata morover berarti terlebih lagi = lagipula. Hence berarti dengan demikian, dan accorddingly berarti karena itu.

142. Dalam kasus kalimat tersebut, kita menemukan konjungsi either sebagai konjungsi yang tepat dalam kalimat karena berpasangan dengan kata or. Perhatikan dalam penggalan kalimat "... because they represent a symbiotic relationship between a fungus and either algae or cyanobacteria.
Konjungsi neither ... nor, sedangkan both ... and ...

143. Kata "attempt" diikuti oleh to infinitive sehingga jawaban yang benar adalah to capture.

144. Kata "others" lebih tepat digunakan dalam kalimat, menunjukkan other organisms (organisme lainnya - non spesifik organisme) .
Untuk kata the other ( satu yang lain - spesifik), the others - the other organisms ( organisme lainnya - spesifik), sedangkan another (satu yang lain - non spesifik).

145. Pilihan jawaban yang benar adalah growing, kata kerja yang difungsikan sebagai kata benda ( gerund).

Demikian tips menyelesaikan soal cloze test bahasa Inggris dalam soal USM PKN STAN, semoga tulisan ini bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan dalam penjelasan dan pembahasannya.
Terima kasih.

Sumber soal :
Soal USM PKN STAN tahun 2016.