Saturday, January 13, 2018

Inilah Lima Mesin Penelusuran Terbaik yang Aman Bagi Siswa

Internet sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan bagi kita semua. Hampir semua orang menghabiskan waktunya berdampingan dengan internet.  Internet menautkan segala hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, menjadikan informasi yang sulit diperoleh menjadi mudah, serta mempertepis jarak dan waktu bagi para penggunanya. Ibaratnya, apapun yang dicari itu ada melalui jaringan internet dan penggunaannya semudah menjetikkan jari. Oleh sebab itu, semua orang menggunakan internet tidak peduli batasan usia baik anak- anak maupun dewasa sesuai dengan kebutuhan masing- masing. 

Namun, internet itu ternyata seperti pisau bermata dua, di satu sisi berimbas positif namun di sisi yang lain memberikan dampak yang negatif. Internet memberikan kebebasan akses bagi siapa saja yang menggunakannya. Konten- konten yang tersedia  baik tulisan, gambar atau video kadang tidak sesuai dengan usia pengguna khususnya siswa dan anak. Banyak fitur internet yang terindikasi mengekspos konten yang tidak relevan seperti kekerasan, seksualitas, dan pelecehan. Tentu saja hal tersebut akan berdampak pada sisi perkembangan siswa dan anak saat mereka mengaksesnya. 

Salah satu peran guru, pendidik dan orang tua dalam hal ini adalah untuk memastikan bahwa siswa dan anak-anak menggunakan internet dengan cara yang tepat, aman dan aman. Peran guru dan orang tua adalah mengajarkan konsep kepada siswa dan memberdayakan mereka dengan wawasan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membantu mereka menjelajahi internet dengan aman dan efektif melalui mesin telusur. Di sinilah peran pencarian mesin telusur yang aman bagi anak-anak. Sebagian besar mesin pencari populer seperti Google, Yahoo, dan Bing memang menawarkan fitur pencarian yang aman yang dapat anda akses dari pengaturan mereka. Sebagai contoh Google juga menyediakan pencarian fitur aman dengan google Safe Search nya.

Nah, begitu pentingnya peran mesin telusur yang aman tanpa konten- konten yang tidak relevan, berikut saya rangkum beberapa mesin telusur yang pas digunakan dan tentu saja aman bagi siswa dan anak. berikut ulasannya.

#1 Kidtopia
tampilan Kidtopia

Kidtopia merupakan mesin telusur yang dikhususkan untuk siswa dan anak- anak usia sekolah dasar. Dengan tampilan yang menarik dan beberapa kategori yang disediakan seperti sains, ilmu sosial, seni, bahasa, hewan, aktifitas, dan matematika, mesin telusur ini bisa dijadikan referensi untuk mesin telusur ramah anak. 

#2 Kiddle
tampilan Kiddle
Kiddle merupakan mesin telusur alternatif selain Google. Dengan mesin telusur ini, anak- anak akan terhindar dari berbagai konten yang tidak relevan. 

#3 Kid's Search
tampilan Kid's Search
Kid's Search adalah mesin telusur yang aman untuk anak-anak. Mesin telusur ini menggunakan teknologi Google Safe Search dan alat penyaringan tingkat lanjut pada konten web. Selain itu Kid's Search menawarkan link ramah anak melalui direktori yang tersedia dan masing-masing situs dikaji ulang untuk konten sesuai dengan kegunaan dan kesenangan.

#4 Teach The Children Well
tampilan Teach The Children Well
Situs ini dirancang aman untuk digunakan oleh siswa setingkat sekolah dasar maupun siswa diatasnya. Dengan penambahan link-  link yang relevan terhadap kebutuhan pencarian siswa dan anak, akan membantu mereka dalam mencari tugas, informasi atau pengetahuan yang diperlukan. 

#5 KidRex
Tampilan KidRex
KidRex adalah mesin pencarian yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak. Penelusuran KidRex menekankan laman web terkait-anak dari seluruh web dan didukung oleh Google Custom Search dan menggunakan teknologi Google SafeSearch.

Kelima situs mesin pencarian tersebut bisa dibilang aman untuk siswa dan anak, tetapi alangkah lebih baiknya bahwa guru dan orang tua tidak begitu saja melepaskan siswa dan anaknya untuk berselancar bebas di dunia maya. Pengawasan masih menjadi prioritas utama meskipun tersedia mesin telusur ramah anak.  

Semoga tulisan ini bermanfaat dan lindungi siswa dan anak anda dari konten yang tidak relevan serta kejahatan dunia maya.
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.