Wednesday, January 24, 2018

Tujuh Ide kreatif Guru untuk Membuat Pembelajaran Lebih Efektif

Mengajar tidak hanya menyampaikan materi saja, tetapi lebih kepada menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi antara guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran secara aktif. Tugas guru sekarang ini dalam kenyataannya semakin terbeban, apalagi dihadapkan dengan berbagai tantangan zaman global. Tantangan terberat guru zaman sekarang adalah bagaimana memunculkan ide- ide kreatif pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas. Ide- ide kreatif guru begitu diperlukan untuk membuat pembelajaran lebih efektif khususnya menarik perhatian siswa serta memberikan pengalaman baru bagi mereka untuk dapat mengembangkan pengetahuan yang didapat dikemudian hari.

Nah, untuk membuat pembelajaran kelas lebih efektif, saya rangkum beberapa ide kreatif untuk guru yang bisa anda terapkan di kelas antara lain :

#1 Membuat Pembelajaran Kreatif
Perhatian siswa terhadap proses belajar di kelas merupakan hal yang utama. Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa menjadi jenuh dan bosan. Alhasil siswa menjadi kurang paham atau tidak mengerti terhadap materi yang diajarkan. Hal yang utama untuk meraih perhatian siswa adalah bagaimana cara membuat pembelajaran kreatif untuk diterapkan di kelas. Kreatifitas guru menentukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Kreatifitas dapat diterapkan pada semua subjek mata pelajaran baik Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan lainnya. Kreatifitas dapat merangsang anak menemukan ide- ide kreatif mereka kemudian mengembangkannya.

#2 Penggunaan Audio dan Video

Pembelajaran yang melibatkan audio dan video dipandang lebih efektif dan menarik kita gunakan dalam era digital ini. Selain dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengasah ketrampilan seperti audio dan visual, penggunaan audio dan video juga akan mempercepat pemahaman siswa akan konsep- konsep materi subjek tertentu.

#3 Pembelajaran luar kelas

Belajar tidak harus berada di dalam kelas, namun bisa berada di luar kelas. Dengan mengajak siswa pada situasi yang baru dan tentu lebih segar, mereka akan lebih tertarik mengembangkan pengetahuannya. Sebagai contoh, Museum adalah salah satunya, tempat tersebut memiliki beragam sumber pengetahuan yang bisa digali oleh siswa sedangkan guru hanya mempersiapkan konsep untuk menuntun mereka mengembangkannya.

#4 Brainstorming
Salah satu kelemahan dari siswa yang berada di sekolah adalah ketidakmampuan atau ketidakberanian mereka dalam mengungkapkan ide atau gagasan di depan umum. Sesi brainstorming dalam kelas bisa diterapkan untuk menaggulanginya. Guru membuat forum diskusi di kelas dengan topik tertentu kemudian memberikan kesempatan setiap siswa untuk mengungkapkan pemikiran mereka tentang hal tersebut. Hal yang perlu digarisbawahi disini adalah setiap pemikiran siswa akan dihargai sehingga mereka akan mengungkapkan ide- ide mereka tanpa mereka takut apakah pendapatnya benar atau salah.

#5 Melibatkan Games

Melibatkan games dalam pembelajaran membuat kelas menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Secara tidak langsung penerapan games yang sesuai dan tepat akan membuat siswa tidak menyadari bahwa mereka telah belajar sesuatu. Games juga berguna menjadikan pemikiran lebih kreatif dan mengajari mereka akan tantangan yang dihadapi.

#6 Membuat Komunitas Belajar

Komunitas belajar akan membuat interaksi antara siswa dan guru menjadi lebih efektif khususnya ketika berada di luar kelas. Siswa akan berbagi kesulitan- kesulitan yang dihadapi saat belajar dengan guru ataupun siswa lainnya dan sebaliknya guru akan memberikan solusi akan masalah siswa dalam belajar. Pemanfaatan media sosial merupakan sarana efektif untuk membuat komunitas atau grup belajar.

#7 Referensi

Ide dan kreatifitas guru itu penting, oleh karena itu guru butuh banyak  referensi untuk mengembangkannya. Banyak buku kreatifitas yang bisa dibaca serta banyak situs atau website yang relevan untuk dikaji. dari referensi tersebut, guru akan mendapatkan ide- ide baru yang lebih segar untuk diterapkan di kelas.

Tujuh hal diatas merupakan sebagian kecil dari bentuk ide yang guru bisa lakukan untuk mewujudkan kelas lebih efektif, dengan kata lain masih banyak ide lain yang belum disebutkan. Nah, bila anda memiliki ide lain yang relevan, bisa di bagikan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.