2/15/2018

Mudahnya Membuat Tes atau Quiz dengan Schoology

Schoology merupakan salah satu platform Learning Management System (LMS) dengan memasukkan sistem pembelajaran dalam jejaring sosial. 

Berbagai fitur menarik yang terdapat dalam Schoology antara lain membuat kelas mapel, kelompok belajar maupun sumber belajar. Dengan beragam fitur dan fungsi yang menarik tersebut, Schoology menjadi salah satu platform e-learning yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran. 

Beberapa keunggulan schoology adalah tersedianya fitur attendance/absensi, untuk memeriksa kehadiran peserta didik dengan pilihan “hadir”, “izin”, ,”terlambat”, ataupun “tidak masuk”. Setiap aktifitas siswa juga akan terpantau melalui fasilitas Analityc pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan untuk peserta didik.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas langkah- langkah untuk membuat tes atau kuis melalui Schoology. Ada dua bagian yang akan saya bahas, yaitu untuk guru dan siswa. langsung saja berikut tutorialnya. 

Bagian Pertama
Buka www.schoology.com lalu Sign Up. Terdapat dua pilihan yaitu Instructor dan Student, Pilihlah Instructor karena dalam hal ini anda bertindak sebagai guru.
Isikan nama, alamat email, password dan konfirmasi password serta centang pada verifikasi Robot, lalu klik Register

***Buka email anda untuk verifikasi akun yang sudah dibuat tadi***

Setelah berhasil verifikasi akun, anda akan dibawa menuju halaman pertama akun schoology anda. Akan tampak beberapa menu di dalamnya seperti Home, Courses, Groups dan Resources. Untuk membuat Tes atau Quis, terlebih dahulu buatlah kursus melalui menu Course

Klik menu tersebut dan isikan keterangan seperti nama kursus, section dan level atau tingkatan secara lengkap lalu create.


Setelah muncul halaman kursus yang sudah anda buat tadi, perhatikan pada bagian kiri bawah layar yaitu Access code/ kode akses. Kode ini akan digunakan siswa untuk masuk ke dalam kursus yang sudah kita buat tadi. 

Nah, kita mulai membuat tes atau quiz dengan menge-klik menu Add Materials lalu pilih Add Quiz/Test.  


Isikan keterangan di dalamnya.

Pada informasi  Tes atau quiz yang sudah anda buat tadi, Klik Add Question dan pilih jenis tes atau quiz yang akan anda buat, disini saya memilih untuk Multiple choice atau bentuk pilihan ganda.

Isikan soal dan pilihan jawaban serta jangan lupa untuk mencentang pilihan yang benar di pilihan jawaban yang benar. Bila sudah lengkap, klik Create Question.


Untuk menambah soal, ulangi langkah isian soal tersebut diatas sampai selesai.

Bagian Kedua
Berikan kode akses kepada siswa untuk mengakses kelas siswa, instruksikan untuk melakukan sign up lebih dulu sebelum log in. Data siswa yang masuk dan mengerjakan secara otomatis akan tampak melalui akun yang kita miliki tadi.

Mudah bukan?

Selamat mencoba.
Salam.

11 comments:

  1. Apa aja kelebihan aplikasi schoology ini dalam melakukan evaluasi siswa?

    ReplyDelete
  2. Bagamana cara mengubah nama sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk akun sekolah sepertinya berbayar. Lebih baik gunakan per guru per mapel saja..free untuk siswa dibawah 100

      Delete
  3. tolong solusinya ketika mau membuat quiz setelah mengisi nama subjek, pasti ada tulisan kategori nama yg telah anda masukan sudah ada, dan itu sudah saya ganti pakai nama apa saja tetap seperti itu

    ReplyDelete
  4. Your articles are inventive. I am looking forward to reading the plethora of articles that you have linked here. Thumbs up! detectives en madrid

    ReplyDelete
  5. Apakah memang schology tidak bisa menampilkan soal soal sebelumnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bagaimana ya? apakah paket soal lain atau item soal sebelumnya?

      Delete
  6. Kalo siswa udah ngerjain tapi lupa submit, apakah nanti bisa submit sendiri jawabannya?

    ReplyDelete
  7. Saya mau buat quis kok gak muncul menunya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya menu yang mana ya? Biasanya menu quiz tampil setelah add material

      Delete