Thursday, March 22, 2018

Web Tool yang Tepat untuk Kelas Kolaboratif Pelajaran Matematika

Bagi sebagian siswa, pelajaran Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Matematika  menjadi pelajaran "monster" bagi siswa sejak tingkatan sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Tidak seperti bidang pelajaran lainnya seperti ilmu sosial maupun bahasa, matematika harus berkutat dengan masalah angka, rumus, dan tentu saja logika. Oleh karenanya, Matematika itu unik dan pasti, artinya semakin jauh mempelajarinya, maka semakin terbentang tantangan di dalamnya. Selain itu, matematika mengajarkan kita berfikir logis untuk menyelesaikan dan menganalisis segala permasalahan- permasalahan yang ada, seperti halnya dalam kehidupan. 

Agar matematika tidak lagi dianggap "monster" bagi siswa tentu saja guru zaman now harus memiliki inovasi dan kreatifitas dalam mengajar. Kita bisa menerapkan teknologi terkini di dalam pembelajaran, salah satunya dengan pembelajaran kolaboratif khususnya untuk matematika di kelas. 

Berbicara kelas kolaboratif, ada satu web tool yang cocok diperuntukkan untuk kelas Matematika yaitu dengan menggunakan Scratchwork. Scratchwork merupakan alat papan tulis dan video konferensi online yang dirancang untuk siswa dalam pelajaran matematika. Platform ini menyediakan sarana seperti papan tulis di mana anda dan siswa anda dapat menggambar, mengetik, dan mengimpor gambar. Dibandingkan dengan layanan lain yang sejenis, Scratchwork sedikit berbeda karena menyediakan editor Latex untuk menulis persamaan matematika. Scratchwork juga menawarkan pilihan untuk menggambar di tablet dan mengimpor gambar-gambar tersebut. 

Sistem kerja dari Scratchwork sangat sederhana, yang pertama scan  gambar yang berisikan formula matematika dalam kertas melalui webcam atau semacamnya.
setelah masuk ke dalam papan tulisnya, anda bisa sesuaikan tampilan formula yang anda buat tersebut.
Anda bisa menggunakan Latex untuk membuat persamaan, atau dengan menuliskannya secara manual.
Untuk sarana kelas kolaboratif, anda bisa menggunakan fitur video call dalam menyelesaikan soal bersama- sama.

Scratchwork menwarakan tiga pilihan pengguna yaitu versi free version, Premium dan Enterprise. Untuk versi gratis (free), ditawarkan fitur 4 papan tulis, penyimpanan 100MB, 3 kolaborator, ekspor PDF dengan watermark, rekognisi matematika dasar, dan sharing dengan URL.

Semoga Bermanfaat.