Thursday, April 12, 2018

Mengenal Jurusan Teknik Mekatronika SMK, Apa yang Dipelajari dan Peluang Kerjanya

Bidang teknik dipandang sebagai bidang ilmu yang menjanjikan. Bidang ilmu ini seakan menjawab tantangan perubahan zaman dan teknologi. Selain itu ilmu teknik memberi peluang inovasi- inovasi manusia untuk kemajuan perkembangan zaman karena faktanya manusia tidak akan bisa lepas dari ilmu ini dalam kehidupannya. Oleh karenanya, lulusan bidang teknik banyak dibutuhkan dalam segala aspek pekerjaan. Pemerintah pun beberapa tahun terakhir ini sudah melihat hal tersebut dengan pengoptimalan bidang teknik dari tingkat pendidikan di sekolah dengan memajukan  dunia SMK dengan membuka jurusan baru di bidang teknik. Salah satunya adalah jurusan teknik mekatronika.
source image : https://pixabay.com

Bisa dikatakan bahwa kompetensi keahlian ini terbilang baru di dunia SMK dan belum banyak sekolah yang membuka kompetensi keahlian ini. Sesuai dengan namanya, teknik mekatronika merupakan perpaduan dari bidang mekanik dan elektronika. 

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4678/D/KEP/MK/2017 tentang spektrum keahlian pendidikan menegah kejuruan, Teknik Mekatronika merupakan salah satu kompetensi keahlian dari rumpun teknik elektronika selain Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, dan Instrumentasi medik.

Nah, bagi adik- adik yang masih mencari pilihan jurusan yang tepat dalam bidang teknik di SMK, jurusan ini bisa dijadikan acuan pilihan. Mengingat bidang teknologi senantiasa berkembang dengan pesatnya, sumber daya manusia yang menguasai kompetensi keahlian ini akan selalu dibutuhkan. 

Jurusan Kuliah dan Peluang Kerja 
Lulusan teknik mekatronika SMK dapat melanjutkan kuliah sesuai dengan jurusan atau program studi yang relevan seperti teknik elektro, teknik mesin, sistem informatika, teknik informatika dan sebagainya. 

Sedangkan peluang kerja untuk jurusan ini pun lumayan luas, siswa lulusan mekatronika dapat menjadi teknisi listrik, elektronik maupun teknisi mesin yang mencakup bidang industri yang sedang bekembang saat ini seperti pada :
  • Industri otomotif
  • Industri elektronika
  • Industri minyak bumi dan gas
  • Pertambangan
  • Industri kimia
  • Konstruksi dan pembangunan 
  • Industri Tekstil
  • Transportasi
  • Komputer dan Teknologi Informasi
  • Industri peralatan rumah tangga
  • Percetakan, dan sebagainya

Apa yang dipelajari?
Sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar SMK kompetensi keahlian teknik mekatronika, beberapa materi yang akan dipelajari dan dikuasai mencakup :

  1. Memahami dasar-dasar teknik listrik dan elektronika
  2. Memahami dasar-dasar teknik digital 
  3. Menguasai sistim mikroprosesor
  4. Menguasai sistim mikrokontroller
  5. Memahami dasar-dasar teknik mesin 
  6. Melaksanakan keselamatan  dan kesehatan kerja
  7. Mengoperasian komputer menggunakan sistem operasi DOS dan Windows
  8. Melaksanakan pengukuran besaran listrik dengan alat ukur analog dan digital
  9. Menggunakan gambar teknik
  10. Menggunakan teknik gambar dengan komputer
  11. Melaksanakan pekerjaan bengkel elektronika
  12. Menggunakan perkakas tangan
  13. Menggunakan power tool
  14. Mengoperasikan mesin perkakas konvensional
  15. Menggunakan sensor
  16. Mengoperasikan peralatan elektronik
  17. Mengoperasikan peralatan kelistrikan
  18. Mengoperasikan peralatan pneumatik
  19. Mengoperasikan peralatan hidrolik
  20. Mengoperasikan Programmable Logic Controller, PLC

Menarik bukan? 
Semoga informasi ini bisa menjadi referensi saat adik- adik lulusan SMP memilih jurusan yang tepat saat melanjutkan pendidikannya di SMK. Kalau berminat segera cari SMK yang membuka jurusan ini di kotamu. 

Punya pandangan jurusan ini dari sisi yang lain? silahkan share di kolom komentar ya?

Salam.