5/31/2018

Mengenal Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Apa yang Dipelajari, Karir dan Peluang Kerjanya

Tidak dapat dipungkiri lagi industri otomotif saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Produsen berlomba untuk mengikat hati konsumen dengan produk unggulannya. Situasi seperti itu bisa terlihat saat kita melihat berbagai pameran otomotif yang sering diselenggarakan dengan antusiasme masyarakat seakan meningkat drastis akan beragam produk baru yang diluncurkan. Atmosfer ini sebenarnya menunjukkan bahwa industri otomotif menjadi salah satu peluang yang menjanjikan, artinya, dalam beberapa tahun ke depan industri ini akan banyak menyerap tenaga kerja yang handal dan terampil untuk bekerja dalam sektor ini. Kesempatan yang luas akan industri ini tentu saja dimiliki oleh anak- anak SMK relevan dengan jurusan ini. Jurusan yang relevan dengan bidang ini adalah jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). 
Ilustrasi/ Sumber gambar : https://pixabay.com

Nah, bagi adik- adik yang ingin memilih jurusan ini saat melanjutkan pendidikannya di SMK, berikut sekilas informasi sebagai gambaran mengenai jurusan ini.

Apa itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi keahlian pada rumpun program keahlian teknik otomotif. Beberapa tahun lalu mungkin kita familiar dan mengenal jurusan ini dengan Teknik Otomotif. Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya dalam bidang otomotif khususnya mobil baik niaga maupun penumpang. Siswa akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Apa saja yang dipelajari
Sebagai gambaran siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) akan mempelajari mata pelajaran yang digolongkan dalam muatan nasional, muatan kewilayahan dan muatan kejuruan. Pada muatan nasional dan kewilayahan, sama seperti jurusan- jurusan SMK yang lainnya, mapel yang dipelajari seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, dan sebagainya. 

Pada muatan kejuruan sub dasar bidang keahlian mencakup Simulasi dan Komunikasi Digital, Fisika, dan Kimia. Sedangkan sub dasar program keahlian mencakup Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, dan Pekerjaan Dasar Otomotif. mapel pada sub dasar bidang keahlian dan sub dasar program keahlian relatif sama dengan mapel pada  rumpun teknik otomotif. 

Terakhir, mapel sesuai bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) meliputi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Mapel ini dipelajari sesuai dengan bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan akan dipelajari pada kelas XI.

Peluang Kerja dan Karir
Sekarang ini banyak SMK yang sudah bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan meneken MOU dengan berbagai perusahaan otomotif terkemuka sehingga lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang memiliki keterampilan dan memenuhi syarat akan secara langsung terserap dalam dunia kerja. Siswa lulusan bisa bekerja menjadi teknisi atau pekerja dalam industri tersebut.

Selain itu, dengan keterampilan yang dimiliki, lulusan juga bisa membuka lapangan kerja sendiri atau berwirausaha sesuai bidangnya, misalnya dengan membuka bengkel pribadi atau semacamnya.

Bila siswa lulusan ingin mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya, mereka bisa melanjutkan kuliah dengan memasuki jurusan kuliah yang relevan sesuai bidangnya misalnya saja jurusan teknik mesin. Sebagai tambahan, saat ini juga tersedia Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, untuk mengakomodir kebutuhan guru teknik otomotif untuk SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) dan Enterpreneur. Salah satu universitas yang membuka prodi ini adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Menarik bukan? 
Demikian sekilas mengenai jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), apa yang dipelajari dan prospek kerja serta karirnya. Semoga informasi ini berguna bagi adik- adik yang ingin melanjutkan ke SMK khususnya memilih jurusan ini. 

Apabila sahabat Ahzaa punya tambahan informasi, pengalaman atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa tambahkan melalui kolom komentar ya? Jangan lupa untuk membaca artikel kami mengenai jurusan- jurusan SMK seperti Multi Media dan Teknik Komputer dan Jaringan tentu saja di blog ini.


Salam.

35 comments:

  1. Minimal daname nya berapa klw TKRO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung persaingan pendaftar dalam setiap satuan pendidikan masing-masing.

      Delete
  2. Saya kelas XI Tkr dan baru selsai magang maret kemaren, memang untuk prospek kerja di lulusan teknik otomotif menjanjikan, buktinya saya langsung ditawari kerja di PO DAMRI dengan gaji setara mekanik, namun perlu di garis bawahi bahwa jika kita langsung kerja dan tidak nengamil sarjana untuk kedepanya akan sangat sulit, kenapa? Karena untuk bekerja di instansi pemerintah minimal lulusan S1 agar bisa direkomendasikan dan bisa naik jabatan, kalau kita hanya lulusan smk walaupun keterampilan kita diatas rata rata kita hanya akan terus menjadi mekanik karena pihak instansi tidak dapat menaikan jabatan kiat, trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya sudah ditawari kerja.. Benar sekali.. Karenanya siswa smk mesti upgrade keterampilan dengan lanjut kuliah. Setidaknya, siswa lulusan bisa kerja sambil kuliah jadi tidak bebani ortu. Baca juga artikel saya ttg upgrading siswa smk ya..
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. Kak apakah jurusan tkr banyak matematikanya?

      Delete
    3. Mass jurusan TKR kan ada matematika,trus saia gatau matematika nya seperti apa,karena saia gk pandai matematika seperti menghitung dll karena takutnya saia gabisa jadi thxx

      Delete
  3. saya kelas XI ini juga dengan jurusan TKR sama yang dibilang oleh AREWARES.ORF saya disarankan ayah saya untuk sekolah di stm dan saya memilih untuk jurusan tkr.Semoga saya sukses dan membanggakan kedua orang tua nanti amin3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses yaa..dan selalu bisa membanggakan orangtua..

      Delete
  4. Apa dgn jurusan tkr bisa bekerja diluar negeri misalnya ke jepang atau kekorea??Soalnya saya baru kls X TKR dan bsk agustus itu baru belajar tentang pengelasan🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget..tingkatkan skill dan kompetensinya ya..n semangat belajar...

      Delete
  5. Apakah jurusan tkro itu menantang,sedang atau mudah?.
    Soalnya saya baru kelas X

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan yg penuh hal hal baru ttg otomotif..jadi stay update meskipun sudah bekerja.

      Delete
  6. jurusan otomotif ini mengandung matematika yang banyak ga kak?

    ReplyDelete
  7. Jurusan TKRO ini apa mengandung mapel matematika yang banyak gak?

    ReplyDelete
  8. Apa perempuan sanggup dengan Jurusan tkro kak?

    ReplyDelete
  9. Apakah yang belum mengenal mesin bisa masuk TKR?(lagi belajar mesin)

    ReplyDelete
  10. Misal kita blom mengenal ttg mesin,apakah bisa masuk ke jurusan Tkro?

    ReplyDelete
  11. Iyha saya juga mau masuk jurusan TKR saya soalnya juga nggak tau tentang mesin² motor seprti itu

    ReplyDelete
  12. Kalau kita berdoa sama Allah dengan yakin percaya diri kalau kita bisa mengerjakan tentang mesin² seperti motor,mobil seperti itu kita bisa kok belajar tentang mesin²

    ReplyDelete
  13. Saya mau ambil jurusan tkr tapi saya juga tidak ngerti mesin atau segala macem gitu gmna ya.?

    ReplyDelete
  14. Saya cewe kls 9 mau ngambil jurusan tkr apakah masih ada peluang kerja buat cewe?

    ReplyDelete
  15. Bang saya kelas Xl saya dari TAB teknik alat berat. Saya ingin membuka usaha bengkel kendaraan Ringan apa bisa yg smk TAB pindah Ke TKR mintq solusinya bang

    ReplyDelete
  16. Mau nanya nih saya kan mau masuk SMK dan binggung mau ambil jurusan ap. Soal ny saya gak ada yg bisa . Tpi kyk ny saya ambil tkro. Itu nanti di kasih tau sampai bisa baru bisa maggang atau gimana soal ny saya jrng pegang motor

    ReplyDelete
  17. Kak gua kan belum kenal ama mesin nih, jadi kalo gua masuk tkr bisa ga sih?
    Gua takut nya kita harus tau tentang mesin walaupun ga banyak

    ReplyDelete
  18. Mau nanya kak tolong di jawab maaf saya gak tau apa apa, saya kan ngambil jurusan TKRO kalo pengambilan kelas bagus nya KELAS INDUSTRI DAN KELAS REGULER YANG MANA BAGUS NYA YANG DI AMBIL KAK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas industri itu biasanya sekolah ada kerjasama dengan pihak industri (DUDI), dg kurikulum yg disesuaikan dg kebutuhan industri. semoga membantu.

      Delete
  19. Halo aku mau tanya, aku kelas XI jurusan tkr, tapi aku ada minat sama pertambangan bisa nyambung ngga ya? atau salah pilih jurusan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kuliahnya ambil jurusan pertambangan yaa..

      Delete
  20. Kak saya mau tanya nih, saya kan ga jago dalam matematika, apakah saya bisa masuk jadi TKRO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa..di semua jurusan, matematika adalah mapel wajib, jadi tetap ada.

      Delete