Wednesday, June 6, 2018

Lima Fakta Tentang Jurusan Tata Busana SMK yang Perlu Diketahui

Bisa dibilang kompetensi keahlian atau jurusan ini miliknya kaum hawa. Bagaimana tidak, jurusan ini pada dasarnya memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya dalam hal jahit menjahit, sampai dengan membuat produk yang berkualitas. Pada intinya, jurusan ini mengakomodir para siswa yang memiliki minat dalam hal fashion. Oleh karena itu wajar saja bila sebagian besar yang berminat adalah kaum wanita. 
ilustrasi/ sumber gambar : http://binusasmg.sch.id

Jurusan Tata Busana bukanlah jurusan yang baru di dunia SMK. Lulusannnya pun banyak mengisi pos- pos lapangan kerja yang bergerak di bidangnya. Adalah sebuah anggapan yang salah bila lulusan jurusan ini hanya bisa berkutat dalam hal jahit menjahit saja, siswa dalam jurusan tata busana dibekali keterampilan yang beragam seperti mengukur, membuat pola, menjahit, memilih bahan tekstil, menggambar macam macam busana, dan menghias busana sesuai desain. Tidak cukup sampai disitu saja, lulusan juga dibekali untuk dapat berwirausaha sendiri dengan pengelolaaan usaha dalam bidang tersebut. Oleh sebab itu saat ini banyak pula lulusan TB  -sebutan untuk tata busana- yang berkiprah menjadi desainer/perancang busana dan membuka usaha sendiri berupa butik/konveksi/tailor.

Nah, bagi adik- adik siswa SMP yang ingin memilih mendaftar ke jurusan ini di SMK, berikut ini beberapa fakta tentang jurusan tata busana yang mungkin saja belum diketahui.

Pertama, Jurusan ini berkutat pada pembelajaran bagaimana mendesain busana yg sesuai dengan bentuk tubuh serta karakteristik model atau seseorang dengan tambahan pembuatan pola hingga desain tersebut selesai menjadi busana. Dengan kata lain, jurusan ini bisa menjembatani siswa yang beminat dan berbakat dalam hal fashion

Kedua, Para peserta didik akan familiar dengan peralatan seperti mesin jahit industri, peralatan jahit, mesin pasang kancing, mesin obras, mesin lubang kancing, boneka jahit, dan sebagainya.
Ketiga, Beberapa mapel yang mesti dikuasai meliputi pengetahuan bahan tekstil, dasar desain, pembuatan pola, teknologi menjahit, desain busana, pembuatan hiasan busana, pembuatan busana custom made, pembuatan busana industri sampai dengan menghasilkan produk kreatif untuk bekal berwirausaha. 

Keempat, Lulusan yang kompeten memiliki peluang yang besar dalam memperoleh pekerjaan dalam skala nasional tetapi juga internasional. Banyak SMK yang membuka jurusan ini sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam lingkup skala tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan banyak lulusan tata busana yang berwirausaha sendiri mengembangkan usahanya.

Kelima, Bagi siswa yang ingin mengembangkan kompetensinya melalui pendidikan, beberapa perguruan tinggi yang mengakomodir jurusan ini, seperti  UNNES, UNJ, UNY, dsb.

Demikian lima fakta mengenai jurusan tata busana yang bisa saya sampaikan. Tentu masih banyak fakta- fakta lainnya tentang jurusan ini. Bila sahabat Ahzaa memiliki informasi lain tentang jurusan ini, jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca yang lain. Tuliskan melalui kolom komentar ya...

Mohon maaf bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat.
Salam.