10/15/2018

Aplikasi Plickers, Membuat Pembelajaran Menjadi Lebih Menyenangkan

Guru jaman now dituntut untuk mengembangkan keahliannya berdasarkan perkembangan teknologi yang selalu bergerak dinamis. Sistem pengajaran yang monoton atau hanya bersifat satu arah sudah mulai ditinggalkan. Oleh karena itu, keterlibatan teknologi dalam pembelajaran adalah hal yang wajib dimiliki. Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan Plickers. Sejatinya Plickers merupakan sebuah alat penilaian untuk memberikan pengujian secara cepat akan pengetahuan siswa anda melalui soal berbentuk pilihan ganda, pernyataan benar atau salah, poling dan masih banyak lagi.

Plickers memungkinkan kita membuat kelas interaktif khususnya dalam memberikan penilaian ke siswa. Plickers menggabungkan pemanfaatan teknologi dan metode konvensional. Untuk menerapkannya di kelas, caranya cukup mudah, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan menggunakan kertas atau kartu dengan gambar kode tertentu mirip seperti QR Code kemudian akan digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Kemudian guru akan mengecek jawaban dengan smatphone yang sudah terinstal Plickers App di dalamnya. Plickers App mendukung perangkat berbasis baik IOS maupun Android.
ilustrasi/ source : Plickers Image


Ada dua bagian cara dalam menerapkan Plickes, adapun untuk lebih lengkapnya caranya adalah sebagai berikut, 

Bagian I
Masuk ke website Plickers, lalu sign up atau daftar akun. Anda bisa mendaftar menggunakan akun Google anda.
Tutorial Aplikasi Plickers
Setelah sukses pendaftarannya, akan ada dua pilihan yaitu Demo dan Add New Class, disini saya memilih "add new class"
Tutorial Aplikasi Plickers
Isikan nama kelas, tingkatan kelas sampai dengan warna untuk masing- masing kelas lalu klik save.
Tutorial Aplikasi Plickers
Tuliskan nama siswa, misalnya saja Rudi Hartanto, lalu enter. Tambahkan nama siswa yang lain dengan langkah yang sama sampai selesai. Sebagai contoh saya mengisikan tiga nama siswa.
Tutorial Aplikasi Plickers
Masuk ke menu library
Tutorial Aplikasi Plickers
Tambahkan soal dengan memilih "new question"
Tutorial Aplikasi Plickers
Pada halaman New Question, pilih jenis pertanyaan, apakah bentuk multiple choice atau true/ false lalu isikan soal pada kolom yang tersedia, centang juga jawaban yang benar. Klik save and create new.
Tutorial Aplikasi Plickers
Akan tampil soal dalam library anda yang sudah dibuat sebelumnya.
Tutorial Aplikasi Plickers
Kemudian pilih menu cards, pada tampilan berikut, saya memilih kartu standar, karena kita memilih versi gratis.
Tutorial Aplikasi Plickers
Download kartu Plickers. Cetak kartu dan perhatikan kode kecil yang ada di sekeliling kartu.
Tutorial Aplikasi Plickers

Bagian II

  • Install smartphone atau tablet anda dengan Plickers App melalui Playstore ( bila menggunakan OS android) lalu sign in dengan akun yang sudah dibuat.
  • Berikan pertanyaan ke siswa, siswa akan mengangkat kartu plicker mereka untuk menjawab pertanyaan anda, kemudian dengan aplikasi plicker, pilih pertanyaan yang ingin anda gunakan dan pindai ruangan dengan memilih tombol kamera yang akan muncul di bagian bawah layar. Anda akan melihat nama anak dan jawaban masing-masing untuk setiap pertanyaan yang dipilih di bagian atas layar di smartphone saat respons mereka dipindai. 
  • Bila anda memakai proyektor, anda dapat menampilkan grafik batang untuk melihat keseluruhan data grup dan jumlah siswa yang telah menanggapi. 

Selamat Mencoba dan Semoga Bemanfaat...

No comments:

Post a Comment