Friday, November 2, 2018

Langkah Mudah Menerapkan Kelas Kolaboratif Menggunakan Padlet

Bermacam situs tersedia secara luas di internet untuk mendukung pembuatan kelas kolaboratif. Salah satunya dengan bantuan Padlet. Padlet merupakan sebuah platform yang berbentuk sebuah kanvas digital untuk menciptakan proyek kolaborasi secara sederhana dan mudah. Sistem kerjanya menyerupai selembar kertas akan tetapi dalam bentuk kanvas digital. Setiap orang khususnya guru dan siswa secara kolaboratif dapat mengisikan halaman kosong tersebut berbagai hal misalnya, video, catatan wawancara, tulisan teks anda sendiri atau juga unggahan beberapa dokumen.

Guru dapat memoderasi setiap tugas atau catatan yang muncul dalam kanvas digitalnya dengan menjadi admin dari papan digital Padlet. Guru juga dapat memilih untuk mengatur pemberitahuan untuk menerima email setiap kali siswa mengirim tugas atau materi review tertentu ke kanvas digital tersebut. 

Syarat utama dalam menggunakan Padlet sangat mudah. Padlet dapat digunakan hampir dalam semua perangkat baik laptop maupun smartphone asalkan terkoneksi internet dengan baik. 

Langkah-langkah membuat tulisan di Padlet.
Pada website Padlet, daftar terlebih dahulu, dengan akun Google, Facebook atau Microsoft. Dalam hal ini saya memakai akun Google saya sebagai e-mail pendaftarannya.
Padlet memberikan dua pilihan akun, gratis atau berbayar. Tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing- masing. Sebagai contoh, saya memilih akun gratis meskipun fasilitas yang diberikan juga terbatas. 
Setelah proses pendaftaran selesai, pada halaman dashboard, mulailah untuk membuat kanvas pertama anda.
Anda bisa memilih beragam tipe dari format yang disediakan sesuai kebutuhan masing- masing.
Pada halaman berikut, silahkan setting tampilan format kanvas-nya baik judul, tampilan gambar, font, privasi pengguna. Pada langkah ini, anda dapat mengundang siswa untuk berkontribusi pada dinding anda. Saran saya, gunakan akun Gmail untuk lebih memudahkan.
Pada pojok kanan bawah halaman kanvas, klik "create" anda bisa menambahkan file, upload video, cuplikan film, dan sebagainya.
Terakhir, setelah selesai, anda bisa mendownload atau mengekspor tulisan di kanvas digital dalam bentuk PDF, Spreadsheet, atau bahkan dapat disematkan dalam blog atau situs website.
Contoh karya dari galeri Padlet.
Nah, akhirnya semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi kita semua dalam menerrapkan kelas kolaboratif dalam pembelajaran. Jangan lupa tuliskan jejak anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Selamat mencoba.
Salam.