Wednesday, January 30, 2019

Cara Mudah Membuat Infografis Mengajar dengan Piktochart

Piktochart memungkinkan kita membuat infografis hanya dengan beberapa klik. Dengan beberapa template yang bisa digunakan, anda juga dapat memodifikasi seperti warna, font, memasukkan grafik maupun mengunggah bentuk dan gambar dasar. 

Salah satu yang bisa kita manfaatkan dari ffitur Piktochart ini adalah membuat media infografis dalam mengajar baik dalam media pembelajaran atau memberikan penugasan kepada siswa agar lebih kreatif. 

Caranya sangat mudah, masuk ke Piktochart, kemudian sign up akunnya. Anda bisa menggunakan akun Google, Facebook , bahkan manual sign up melalui data- data yang dimasukkan dalam form termasuk email aktif. pada halaman dashboard, anda akan disuguhi bermacam pilihan untuk menuju ke langkah selanjutnya.


Pilih opsi yang tersedia sesuai kebutuhan. Pada pilihan ini, saya memilih Teacher/ Lecture/ Educator sepertti pada gambar dibawah ini.

Pilihlah topic yang akan dibuat.


Pada halaman tampilan Piktochart, pilih Infographic

Maka akan tersedia tampilan infographic dari berbagai template. Kita bisa memilih salah satu yang terbaik sesuai dengan kebutuhan kita.



Edit template, Anda bisa merubah shape &Icons, Lines, Photos, dan Photo Frame. Pada pilihan terakhir, Infografis buatan anda bisa disimpan, diunduh atau dibagikan. 


Dalam pembelajaran, kita bisa menginstruksikan siswa untuk membuat infografis tentang diri mereka pribadi, disertai dengan foto maupun aspek lain yang menarik. Siswa bisa mencetak karya merreka kemudian dikumpulkan sebagai bagian dari tugas mereka. Menarik bukan?

Punya pengalaman menggunakan Piktochart? share di kolom komentar ya?

Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment