Thursday, January 3, 2019

Informasi Penting Mengenai SNMPTN 2019 yang Mesti Diketahui

Salah satu cara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri adalah dengan melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui proses SNMPTN. Ada tiga tahapan dalam proses SNMPTN 2019 yaitu, entry data melalui PDSS dan verfikasi siwa, pemeringkatan, dan pendaftaran. Proses PDSS merupakan kewenangan sekolah untuk memasukkan data siswa dan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi siswa SMA atau SMK program 3 tahun dan semester 1 satu sampai semester 7 bagi siswa SMK program 4 tahun. Pada tahapan verifikasi, siswa akan mendapatkan username yang berupa NISN dan password kemudian digunakan untuk login verifikasi. Tahap verifikasi ini ditujukan untuk memverikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang sudah diisikan oleh pihak sekolah pada tahap entry data PDSS.

Hal yang berbeda pada proses SNMPTN tahun 2019 ini, kuota penerimaan berkurang dari tahun sebelumnya minimal 30 % menjadi minimal 20 % dari keseluruhan kursi yang dibuka oleh PTN yang bersangkutan. Berdasarkan informasi pihak kemristekdikti, hal ini dilakukan agar proses ini lebih selektif.




Selain itu, terdapat ketentuan akreditasi sekolah untuk memungkinkan siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan;

  • Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya; 
  • Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya; 
  • Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya. 

Plus Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran antara lain;

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman resminya selama periode pendaftaran dengan memperhatikan ketentuan dan aturan dalam pemilihan program studi;

  • Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Berkaitan dengan pemilihan jurusan, kesalahan dalam pemilihan jurusan dan pilihan prodi akan membuat adik- adik terdepak dari proses SNMPTN. Oleh karena itu,  berikut ada beberapa tips untuk adik- adik dalam memilih program studi (prodi) SNMPTN tahun 2019. 

Cermat memilih Prodi
Saat mendaftar SNMPTN tentu banyak dari adik- adik yang sedikit bingung tentang langkah apa yang harus diambil dalam memilih prodi pada PTN. Jadi solusinya pilihlah prodi yang sekiranya sesuai dengan kemampuan, artinya harus disesuaikan dengan hasil nilai rapor semester.  Perlu diketahui bahwa persaingan dalam SNMPTN 2018 saat ini sedemikian ketat, jadi pilihlah jurusan yang pas sesuai kemampuan. Sangat tidak disarankan juga bagi adik- adik memilih jurusan berbeda dengan jurusan sekolahnya, misalnya, jurusan IPA memilih ke jurusan IPS. Bisa jadi, peluang untuk diterima juga akan semakin tipis.

Tentukan PTN
Setelah memilih prodi yang sesuai dengan kemampuan, tentukanlah PTN secara bijak. Carilah informasi sebanyak- banyaknya mengenai prodi pada perguruan tinggi negeri yang dipilih. Informasi tersebut misalnya seperti rekam jejak pendaftaran SNMPTN tahun sebelumnya baik jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima.

Selain itu faktor alumni biasanya juga menentukan pertimbangan dalam penerimaan SNMPTN. Pihak perguruan tinggi juga akan melihat track record prestasi alumni lulusan dari sekolah adik- adik yang sudah diterima pada tahun- tahun sebelumnya. Prestasi yang baik atas kakak kelas di perguruan tinggi tersebut akan membuka peluang bagus untuk diterima saat mendaftar.

Cerdas menempatkan pilihan Prodi
Dalam pendaftaran SNMPTN biasanya setiap PTN memiliki persyaratan selain yang ditentukan oleh panitia SNMPTN. Ada beberapa PTN yang mungkin saja tidak menerima calon mahasiswa yang saat pendaftarannya menjadikan prodinya sebagai pilihan kedua. Oleh karena itu, rajin- rajinlah membuka website perguruan tinggi negeri yang dipilih untuk menggali informasi tentang syarat dan kondisi yang ditentukan.

Berkenaan dengan jadwal dan informasi lengkapnya, adik- adik bisa membuka laman resminya di http://www.snmptn.ac.id/

Semoga sukses dan diterima.

No comments:

Post a Comment