Saturday, January 5, 2019

Inilah Tanggal- Tanggal Penting Pelaksanaan SBMPTN 2019

Jalur SBMPTN merupakan harapan baru bagi siswa yang tidak diterima melalui jalur SNMPTN. Pada pelaksanaan SBMPTN 2019 tahun ini kita akan melihat sesuatu yang sedikit berbeda dari pelaksanaan tahun tahun sebelumnya. Regulasi dan tata cara akan mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini berdasarkan kebijakan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang diumumkan beberapa waktu lalu terkait dengan SBMPTN 2019.


Penyelenggara SBMPTN 2019 akan dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang sebelumnya dilaksanakan oleh Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri. Lembaga baru ini tugasnya mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN serta melaksanakan kegiatan dalam proses ujiannya. 

SBMPTN 2019 menganut satu  sistem model tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sistem Ujian Tulis Berbasis Cetak yang pada tahun sebelumnya diadakan mendampingi Ujian tulis Berbasis Komputer akan ditiadakan digantikan dengan model tes ini. 

Pada pelaksanaan tes SBMPTN 2019, para peserta akan mengikuti tes terlebih dahulu baru mendaftar perguruan tinggi negeri kemudian. Hasil nilai yang didapat akan digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri tujuan. Peserta diberikan kesempatan sampai dua kali sampai mendapatkan hasil yang benar- benar maksimal. Hasil dari tes akan dikirimkan ke peserta tes melalui e-mail masing- masing dan mereka bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri dengan hasil tes yang tertinggi (bila melaksanakan tes dua kali).

Meskipun masih beberapa bulan lagi menjelang proses seleksinya, ada baiknya diketahui terlebih dahulu jadwal penerimaan jalur SBMPTN 2019. Berikut tanggal- tanggal penting berkaitan dengan SBMPTN 2019.

Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) : 30 Maret – 26 Mei 2019
Tidak seperti tes tahun sebelumnya, pada tes SBMPTN 2019, peserta diberikan kesempatan melakoni ujian sebanyak dua kali. Bila hasil dari tes pertama kurang memuaskan, bisa menjalani lagi tes kedua untuk hasil yang lebih baik. Tes dilakukan secara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  tiap Sabtu dan Minggu pada rentang waktu tanggal 30 Maret – 26 Mei 2019

Pengumuman Hasil UTBK : 10 April – 2 Juni 2019
Pengumuman hasil UTBK dilaksanakan secara bertahap pada tanggal 10 April – 2 Juni 2019. Dari pengumuman tersebut, pesera bisa mencermati hasil yang dicapai dengan passing grade pada perguruan tinggi yang diinginkan. Hasil UTBK menentukan kecukupan nilai yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi negeri yang akan dipilih. Bila nilainya mencukupi sesuai dengan passing grade perguruan tinggi yang dituju, lanjut ke peroses pendaftaran dengan pilihan perguruan tinggi yang diinginkan. Tetapi bila nilainya tidak cukup dengan passing grade perguruan tinggi yang diinginkan, bisa memilih perguruan tinggi negeri lain yang sesuai dengan nilai UTBK anda.

Pendaftaran  10 – 24 Juni 2019
Peserta diberikan waktu antara tanggal 10 sampai dengan 24 Juni untuk mendaftar ke perguruan tinggi yang sesuai hasil UTBK dan passing grade perguruan tinggi negeri.

Pengumuman tanggal 9 Juli 2019
Pengumuman hasil SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019.

Itulah beberapa informasi penting SBMPTN 2019, yang pelaksanaan dan sistemnya agak berbeda dari tahun- tahun sebelumnya. Semoga dengan wajah yang baru, sistem penerimaan mahasiswa akan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Tetap update informasi SBMPTN 2019 melalui website resminya, karena jadwal bisa berubah sewaktu- waktu.
  
Selamat Berjuang...
Salam.