Thursday, February 14, 2019

6 Aplikasi Menarik untuk Guru Matematika

Sampai hari ini Matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh sebagian siswa.  Berbagai media pun dibuat untuk mengembangkan pembelajaran agar stigma tersebut hilang. Guru pun mesti kreatif dan inovatif dalam membuat pembelajarannya agar lebih menarik dan menantang sehingga siswa tidak mudah bosan dan menyerah. 

Nah, berhubungan dengan pelajaran matematika yang selalu dianggap sulit, berikut enam aplikasi yang bisa membantu teman- teman guru matematika dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Oke, langsung saja, berikut aplikasi- aplikasinya.

1. Microsoft Mathematics
Microsoft merupakan salah satu perusahaan raksasa komputer di dunia. banyak menghasilkan teknologi- teknologi yang tepat bagi penggunanya dalam segala bidang. Seperti halnya dalam pendidikan khususnya bidang matematika, mereka membuat aplikasi yang dinamakan Microsoft Mathematics. aplikasi ini bersifat gratis untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks dalam waktu singkat. 
Microsoft Mathematics
Secara keseluruhan, perangkat lunak ini membantu siswa dengan matematika dasar dan sains. Dengan Microsoft Mathematics, siswa dapat belajar memecahkan persamaan langkah demi langkah sambil mendapatkan pemahaman konsep dasar yang lebih baik dalam aljabar, aljabar, trigonometri, fisika, kimia, dan kalkulus. Microsoft Mathematics mencakup kalkulator grafik berfitur lengkap yang dirancang untuk bekerja seperti kalkulator. Versi terkini saat tulisan ini dibuat adalah Microsoft Mathematics versi 4.0

2. Maxima
Maxima
Maxima merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology untuk menyelesaikan aljabar. Aplikasi ini bisa diinstal di komputer anda. Maxima  memungkinkan anda menyelesaikan permasalahan aljabar seperti pada penyelesaian bilangan bulat dan bilangan rasional. Namun untuk menjalankan program atau aplikasi ini, ana masih harus terhubung dengan internet.

3. xFunc
xFunc
xFunc adalah program memiliki tampilan sederhana dan mudah pengoperasian dalam membantu pengajaran Matematika anda. Aplikasi ini akan membantu menghitung ekspresi matematika secara otomatis. Kemudahan lainnya adalah bersifat portable, artinya anda tidak perlu menginstalnya, dan oleh karena itu bisa disimpan di harddisk dan cukup klik untuk menjalankannya. Dengan fitur antarmuka yang user-friendly anda akan dapat memecahkan masalah anda yang berkaitan dengan trigonometri, konstanta, aritmatika, bitwise, dan sebagainya.

4. SpeQ Mathematics
SpeQ Mathematics
SpeQ adalah program matematika yang sangat efektif untuk dijalankan. Ukuran dari aplikasi ini pun rekatif sangat kecil dan ringan. Selain itu fitur antarmuka yang simpel dan intuitif menjadikan aplikasi ini muah untuk dijalankan. Semua perhitungan dimasukkan dalam satu lembar. Di sana Anda bisa dengan bebas menambahkan, mengedit dan melakukan perhitungan. SpeQ mendukung semua fungsi umum, konstanta, dan unit. Kemudian, anda dapat menentukan variabel dan fungsi khusus, dan membuat grafik fungsi anda.

5. Universal Equation Algebra Solver
Universal Equation Algebra Solver
Bagi anda yang merasa kesulitan dalam menghadapi materi aljabar, Free Universal Algebra Equation Solver adalah solusinya. Aplikasi ini membantu anda melalui panduan langkah demi langkah untuk persamaan aljabar kompleks yang bervariasi dari nilai logaritma, nilai absolut, ransum, irasional, parameter atau eksponensial. 

6. Photomath
Photomath

Aplikasi ini berbasis Android dan bisa diunduh melalui smartphone anda masing- masing. Photomath sangat populer karena bisa menyelesaikan masalah hanya dengan pengambilan foto persamaan matematika di kertas. Akan tetapi tidak semua materi bisa diselesaikan dengan aplikasi ini, hanya pada bentuk persamaan matematika dan perhitungan lainnya. 

Nah, bagaimana menurut anda? Ada rekomendasi lainnya, silahkan tulis melalui kolom komentar disqus dibawah ini ya...

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment