10/17/2019

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Interaktif Flash Card dengan Quizlet

Kita mengenal flash card sebagai kumpulan set kartu yang digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Kartu- kartu ini berisikan informasi baik angka ataupun huruf di kedua sisinya. Sisi yang satu berisikan pertanyaan atau clue sedangkan sisi yang lain merupakan jawabannya. Karena berbasis permainan, sistem pembelajaran dengan media flash card biasanya sangat digemari oleh siswa. Media flash card ini sangat cocok diterapkan dalam semua bidang mapel yang menuntut siswa untuk menghafal. 

Pembuatan flash card secara manual  relatif mudah, tinggal menyiapkan alat atau media yang akan dibuat seperti kertas warna- warni, gunting, spidol warna dan sebagainya. Kreatifitas akan menentukan hasil yang menarik. Namun bagi anda yang sudah menggunakan mobile device  dalam pembelajaran, bisa memanfaatkan salah satu web tool daring untuk membuat media pembelajaran flash card yang menarik yaitu Quizlet

Quizlet memungkinkan anda untuk membuat media pembelajaran berbasis set- set kartu (flash card) yang kemudian dapat dibagikan ke siswa- siswa anda (bagi guru) untuk dikerjakan secara interaktif. Pembuatannya relatif mudah, hanya dengan beberapa langkah yang sangat sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut sudah saya rangkum tutorial membuat flash card melalui Quizlet.

Membuat Flash Card Quizlet
Buka alamat web nya di https://quizlet.com, daftar lebih dulu dengan email anda.

Pada tampilan dashboard Quizlet, buat set pembelajaran.

Isikan set pembelajaran anda, 

Tulis judul dan atur tampilan set kartu anda.

Mulailah mengisikan set kartu. Sebagai contoh saya membuat flash card untuk pembelajaran bahasa Inggris ungkapan sehari- hari (daily expression). Saya mengisikan istilah  dengan ungkapan bahasa Inggris dan definisi dengan arti dari istilah yang sudah saya isikan tadi. Anda bisa menyisipkan gambar, audio (fitur premium) ke dalam set kartu yang anda buat. Isikan sampai selesai lalu klik "buat".

Anda bisa membagikan set kartu yang sudah dibuat melalui email, tautan atau membagikannya melalui Google Classroom anda.

Inilah tampilan saat flash card anda sudah selesai.


Belajar Materi dengan Quizlet
Quizlet menyediakan dua fitur utama yaitu untuk mempelajari materi dan permainan. Untuk mempelajari materi dalam set kartu ajak siswa untuk membuka quizlet dengan membuka tautan baik yang dikirimkan melalui email atau tautan langsung yang sudah anda kirim tadi.

Pada bagian kiri tampilan, siswa anda akan menjumpai menu "pelajari", menu ini berguna untuk mempelajari materi yang diajarkan melalui set kartu yang sudah anda buat sebelumnya. 
  • Flashcard, Berisikan set kartu yang sudah anda buat sebelumnya. Siswa akan menghafal isian kartu.
  • Pelajari, fitur ini memberikan pilihan kuis bagi siswa untuk menjawab secara benar pertanyaan sambil mereka mempelajari jawaban yang benar. Saat menjawab salah mereka akan diberitahukan jawaban yang seharusnya benar.


  • Tulis, fitur ini memberikan kuis bagi siswa untuk menulis jawaban yang benar berdasarkan kosakata dalam set kartu.
  • Pengeja, fitur ini siswa akan mendengarkan kosakata dan menuliskannya secara benar kosakata tadi.
  • Tes, pada bagian ini disediakan tes yang akan merangkum semua materi isian dalam set kartu.
Bermain dengan Quizlet
Fitur kedua dari Quizlet adalah permainan. Quizlet memberikan tiga fitur untuk bermain yaitu mencocokkan, gravitasi maupun live. 
  • Mencocokkan, permainannya adalah dengan menarik item yang saling berhubungan ke satu sama lain untuk membuat item tersebut hilang. Permainan ini dilengkapi dengan batasan waktu mengerjakan yang akan membuat siswa terpacu untuk menyelesaikan kuis atau permainannya. 
  • Gravitasi, permainan ini untuk melindungi planet dari asteroid yang berjatuhan. Asteroid tersebut berisikan ungkapan yang anda buat. 
  • Live, fitur ini memungkinkan anda untuk bermain secara kolaboratif di kelas. Siswa akan melihat dan terlibbat secara langsung dalam permainan yang anda buat. Siswa dapat bergabung dengan memasukkan kode ke www.quizlet.live atau memindai kode QR yang berada di layar melalui app Quizlet live.



Menarik bukan? silahkan dicoba untuk membuat kelas anda lebih meriah dan semangat lagi. 
Bila ada tambahan atau pertanyaan seputar materi diatas tuliskan melalui kolom komentar di bawah ini ya..
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Salam.


No comments:

Post a Comment