Monday, October 7, 2019

Inilah 5 (lima) Web Tool Whiteboard yang Wajib Dicoba untuk Kelas Kolaboratif Anda

Perkembangan internet membawa perubahan besar dan dampak yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. Hal itu membawa akses informasi begitu cepat perputarannya. Arus informasi mencakup semua lini masa, juga dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran konvensional mulai digantikan keberadaannya dengan sistem pembelajaran berbasis e-learning bahkan m-learning.

Guru dan siswa tidak perlu bertatap muka langsung dalam hubungan transfer pengetahuan. Contohnya adalah sistem kelas kolaboratif yang sedang menjadi trending saat ini. Sistem ini memang cocok diterapkan pada zaman teknologi ini, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. 
kelas kolaboratif

Nah, berkaitan dengan kelas kolaboratif, berikut ini kami rangkum lima tool whiteboard yang wajib dicoba untuk membantu kelas kolaboratif anda.

1. Jamboard
Jamboard
Jamboard merupakan versi digital dari papan tulis yang kita gunakan di kelas. Dalam hal ini Jamboard memungkinkan kita untuk berbagi ide secara real-time dan menciptakan kreatifitas pada siswa-siswa kita. Jamboard juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang dapat membuat mereka menjadi lebih produktif.

Jamboard memungkinkan pengguna untuk bekerja sama satu sama lain dimanapun mereka berada. Mereka dapat mengakses Jamboard dengan smartphone atau tablet masing- masing. Dengan Jamboard, kita dapat dengan mudah menarik konten dari aplikasi web atau Drive seperti Documents, Spreadsheet, Slide, foto kemudian menambahkannya langsung ke dalam Jamboard. Untuk menggunakan Jamboard, anda harus membayar dengan harga sekitar $4,999 yang tentunya sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan.

2. AWW A Web Whiteboard
AWW A Web Whiteboard merupakan sebuah aplikasi papan tulis yang memungkinkan anda menggunakan perangkat komputer, tablet, atau smartphone anda untuk menggambar sketsa dengan mudah dan berkolaborasi dengan orang lain, serta membagikannya dengan mudah.

Tampilan AWW A Web Whiteboard sangat user friendly, simpel dan menarik. Beberapa fasilitas yang ditawarkan antara lain fitur kolaboratif pengguna, upload file berformat PDF, PPT, dan file gambar ke dalam board anda. Hasil juga dapat di ekspor menjadi format dokumen PDF, mengunduhnya ke perangkat komputer lalu mengirim salinan kopiannya ke semua anggota grup. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Google Classroom Assignment. Terakhir, AWW A Web Whiteboard memungkinkan kita meng-embed board ke dalam webiset maupun LMS yang kita kelola melalui IFrame Link.


3. Mural
Mural adalah web tool kolaboratif lain yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan catatan tempel untuk menuliskan gagasan secepat mungkin, baik dengan menggambar atau mengetik. Kita bisa menggunakan gambar, tautan, dan video untuk mendukung pembelajaran yang kita kelola.


4. Groupboard
Groupboard adalah papan tulis kolaboratif online gratis yang perlu dicoba. Web tool ini dapat berjalan dengan baik pada semua browser web termasuk iPhone, iPad dan Android dengan tanpa unduhan atau plugin yang diperlukan serta dapat dengan mudah disematkan ke situs web kita.

Groupboard menyediakan fitur untuk board pembelajaran dari kebutuhan biasa, design maupun untuk pelajaran matematika. 

5. Ziteboard
Ziteboard merupakan web tool board yang apat bekerja dalam berbagai perangkat seperti laptop, tablet, maupun perangkat seluler. Ziteboard dirancang untuk pembelajaran dengan antarmuka yang bersih dan mudah digunakan untuk melayani guru dan siswa dari segala usia dengan baik. Secara desain, platform visual  ini bertujuan untuk menyediakan sarana untuk pendidikan jarak jauh. Dengan menggunakan Ziteboard, kita memiliki ruang tanpa batas untuk dikerjakan bersama siswa atau kelas anda secara realtime.

Beberapa keunggulan Ziteboard antara lain berkolaborasi secara realtime, kapanpun dan di mana pun kita berada dengan board yang sama dan apa pun perangkat yang kita gunakan. Disamping itu kita dapat memasukkan file gambar maupun file PDF dalam board kita, meng-ekspor board ke dalam format gambar seperti PNG, SVG file dan file format PDF.

Demikian ulasan mengenai tool Google yang cocok untuk kelas kolaboratif di kelas. Bila sahabat Ahzaa memiliki alternatif lain tool kelas kolaboratif, silahkan share di kolom komentar ya?
Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment