3/17/2020

Imbas Corona, Inilah Tujuh Platform E-Learning untuk Sistem Belajar Jarak Jauh (Distance Learning)

Sebagai imbas dari ancaman penyebaran virus corona, beberapa daerah di Indonesia menerapkan kebijakan bagi siswa sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi untuk belajar melalui pembelajaran jarak jauh (remote learning) dirumah. Pembelajaran jarak jauh saat ini relatif gampang diterapkan mengingat tersedianya berbagai platform yang efektif untuk sistem ini. Guru bisa dengan mudah bekerja dari rumah seperti memberikan tugas, materi, kuis sambil memantau perkembangan siswa melalui aplikasi atau platform yang digunakan.  

Nah, pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai berbagai platform efektif untuk terapan pembelajaran jarak jauh (remote learning) oleh guru. Platform- platform ini dijalankan secara daring sehingga memerlukan koneksi internet. Apa saja aplikasi yang digunakan, simak ya ulasannya berikut ini,

Google Classroom
Google Classroom merupakan sebuah wadah pembelajaran yang ditujukan untuk kepentingan pendidikan dengan berdasar pengelolaan tanpa menggunakan kertas (paperless way). Pada prinsipnya Google Classroom memang tidak berbeda dengan pengelolaaan kelas pada umumnya. Google Classroom hanya memindahkan kelas "konvensional" anda menjadi kelas jarak jauh. Dalam hal ini, guru bisa memberikan berbagai layanan seperti materi atau tugas melalui fitur Google Classroom, demikian juga siswa, dengan mudah menerima materi dan mengerjakan tugas yang diberikan secara online. Beberapa fitur yang tersedia dalam Google Classroom meliputi,
Ilustrasi Google Classroom
1. Kelas Virtual
Google Class memungkinkan anda membuat beberapa kelas virtual untuk siswa. Di dalam kelas-kelas ini, Anda dapat membagikan pengumuman kepada siswa, membuat dan mendistribusikan tugas dengan mereka, memberi nilai dan memberikan umpan balik mengenai karya siswa, serta terlibat dalam diskusi pribadi atau keseluruhan dengan siswa. Para siswa juga akan memiliki kode kelas untuk dapat mengakses dan menggunakan kelas.

2. Penugasan
Dalam hal penugasan, guru dapat menggunakan fitur penugasan yang disediakan untuk membuat dan memposting tugas kepada siswa mereka. Untuk membagikan tugas, cukup klik tab tugas dan berikan nama untuk itu, deskripsi singkat dan tanggal jatuh tempo. Anda juga dapat menyematkan dokumen, dokumen Google docs, dan Youtube dalam tugas anda.

3. Integrasi Google Drive
Google Classroom terintegrasi dengan Google Drive sehingga cara kerja guru menjadi lebih mudah dan produktif. Saat membuat Google Classroom, buatlah folder "kelas", maka Google Drive  secara otomatis akan membuatnya dalam akun Google Drive anda demikian juga siswa anda. Tidak hanya itu, setiap kelas baru yang anda buat akan memiliki subfolder yang dibuat secara default di drive anda. Dan saat anda membuat sebuah tugas, sebuah subfolder dibuat untuk setiap tugas di kelas anda untuk mengumpulkan semua tugas siswa di kelas melalui Google.

4. Berbagi Tugas
Salah satu fitur penting pada Google Classroom adalah anda bisa berbagi tugas dengan siswa. Anda bisa membuat tugas di Google Documents dan mengunggahnya ke Google Classroom anda, Ada tiga opsi berbagi yaitu, pertama, siswa dapat melihat file, kedua, siswa dapat mengedit file, dan yang ketiga ,Google Classroom untuk membuat salinan untuk setiap siswa di kelas. 

Saat siswa masuk ke Kelas Google mereka, mereka akan dapat melihat tugas yang tertunda langsung dari layar utama mereka. Untuk membuka tugas, siswa dapat mengeklik judul tugas atau menge-klik tautan di sampingnya untuk membukanya langsung di Google Drive. Sebagai alternatif, siswa dapat menemukan tugas di Drive mereka di bawah subfolder yang dibuat secara otomatis untuk tugas di Folder Kelas.

5. Kirim Tugas
Saat siswa sudah selesai mengerjakan tugas mereka, mereka bisa mengirimkan tugas mereka dengan mengklik tombol "turn in". Mereka juga bisa menambahkan komentar di bawah tugas untuk dibaca guru. Setelah tugas diserahkan, siswa memiliki pilihan untuk membatalkan kerja mereka dengan mengklik tombol "unsubmit". Ini akan memungkinkan mereka untuk mengedit karya mereka sebelum mengirimkannya kembali ke guru. Bahkan setelah pekerjaan telah diajukan, siswa memiliki akses untuk mengirim komentar di bawah tugas mereka untuk memberi informasi, misalnya kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan tugas mereka.

Quizizz
Quizizz merupakan sebuah web tool  untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas anda misalnya saja untuk penilaian formatif. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif  yang anda buat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Anda juga dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis anda sudah jadi, anda dapat membagikannya kepada siswa anda dengan menggunakan kode 5 digit yang dihasilkan.

Quizizz juga memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa anda. Anda dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang anda buat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Anda bahkan bisa mendownload statistik ini dalam bentuk spreadsheet Excel. Fitur "pekerjaan rumah" juga tambahan fitur yang menarik. Pekerjaan rumah memungkinkan anda menetapkan kuis sebagai pekerjaan rumah, dan membatasi waktu pengerjaan pekerjaan rumah tersebut hingga 2 minggu. Dengan Quizizz, siswa bisa bermain kapanpun dan dimanapun.

Panduan Quizizz bisa Anda lihat pada artikel ini, Tutorial Quizizz

Socrative
Socrative adalah alat penilaian formatif yang membantu guru dan peserta didik untuk menilai pembelajaran dan memantau kemajuan mereka dalam memahami materi yang sudah diajarkan. Socrative memungkinkan seorang guru untuk memeriksa sejauh mana pemahaman siswa akan materi yang diajarkan selama mereka belajar dengan dirancang untuk digunakan di kelas, secara real time.

Berikut fitur- fitur Socrative untuk diterapkan pada kelas jarak jauh,
  • Quiz - Fitur ini memungkinkan guru untuk membuat kuis pertanyaan pilihan ganda, pilihan benar / salah atau jawaban pendek yang dapat mereka simpan dan gunakan kembali. Di kelas, guru membuat kuis dan siswa menyelesaikannya secara real time melalui perangkat mereka.
  • Space Race - siswa menyelesaikan kuis dengan cara bersaing satu sama lain untuk mendapatkan reward.
  • Quick Question - guru menanyakan pertanyaan pilihan ganda, benar / salah atau jawaban pendek secara lisan atau menulisnya di papan tulis. Siswa menggunakan Socrative untuk memilih jawaban yang benar.
  • Exit Ticket - siswa merefleksikan di akhir pelajaran. Ada dua pertanyaan bawaan (Seberapa baik Anda memahami materi hari ini? Dan Apa yang Anda pelajari di kelas hari ini?). Guru menetapkan pertanyaan ketiga secara lisan atau di papan tulis, yang dapat berupa pertanyaan seperti Apa tiga kata baru yang telah Anda pelajari hari ini? atau Apa yang Anda rasa sulit tentang pelajaran hari ini?
Saat siswa menjawab pertanyaan, guru dapat melihat hasilnya dan kemudian mengunduhnya. Untuk memulai mencoba Socrative, anda bisa membaca pada artikel saya berikut ini, Tutorial Socrative

Kahoot
Kahoot merupakan salah satu web tool untuk membuat kuis, diskusi dan survei secara menarik. Untuk kelas jarak jauh Kahoot bisa kita manfaatkan untuk membuat kuis, diskusi maupun survey dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, gambar maupun teks. Siswa  dapat mengakses dengan menggunakan beragam perangkat yang berbeda seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya dirumah. Guru juga bisa menambahkan batasan waktu untuk menjawab kuis atau survey yang sudah diberikan sehingga bukan hanya jawaban benar saja yang diperlukan namun juga ketepatan waktu juga menjadi poin utama dalam menjawab kuis atau survey yang diberikan oleh guru.

Selain itu, kahoot dalam pembelajaran juga dapat membantu guru untuk mengumpulkan umpan balik informal dari siswa, menilai pemahaman belajar siswa, dan membuat jajak pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. Dalam segi kreativitas, Kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan tapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri. Tutorial penggunaan Kahoot bisa dilihat pada link berikut ini, Tutorial kahoot

Schoology
Schoology merupakan salah satu platform Learning Management System (LMS) berbasis jejaring sosial. Berbagai fitur menarik disemtkan dalam Schoology antara lain membuat kelas mapel, kelompok belajar maupun sumber belajar. Fitur- fitur tersebut dapat secara efektif digunakan  untuk sistem pembelajaran jarak jauh (remote learning)

Selain itu, terdapat fitur unggulan schoology antara lain tersedianya fitur attendance/absensi, untuk memeriksa kehadiran peserta didik dengan pilihan “hadir”, “izin”, ,”terlambat”, ataupun “tidak masuk”. Setiap aktifitas siswa juga akan terpantau melalui fasilitas Analityc pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan untuk peserta didik.

Bingung dengan penggunaan Schoology di kelas, silahkan klik pada artikel saya tentang memulai Schoology berikut ini, Tutorial Schoology

Moodle
Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) adalah salah satu platform learning management system (LMS) untuk kegiatan pembelajaran berbasis online (daring) terbaik saat ini. Melalui Moodle, guru dan siswa dapat berinteraksi pada sebuah wadah ruang kelas digital berbasis e-learning dengan fitur lengkap seperti masukan materi pembelajaran, kuis, jurnal dan sebagainya.


Moodle saat ini banyak dimanfaatkan pada semua jenjang sekolah untuk mempermudah sistem pembelajarannya. Fitur dari Moodle pun sangat lengkap dan sangat cocok untuk diterapkan di kelas jarak jauh. Adapun fasilitas yang terdapat dalam Moodle adalah sebagai berikut :
  • Assignment. Fitur ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta pembelajaran secara online. Siswa dapat mengakses tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
  • Chat. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses percakapan secara online. 
  • Forum. Guru dan siswa dapat berdiskusi melalui forum yang tersedia dalam Moodle
  • Survey dan Kuis. Fasilitas ini memungkinkan dilakukannya survey atau ujian  secara online.
  • Moodle mendukung paket pembelajaran dalam berbagai format misalnya bentuk teks, animasi, audio dan video. 
Moodle merupakan sebuah platform CMS yang membutuhkan hosting untuk keperluan instalasi aplikasi tersebut. Anda bisa memilih instalasi offline tanpa koneksi internet atau menggunakan hosting berbayar yang terkoneksi internet. Untuk lebih lengkap mengenai Moodle, baca artikel saya berikut ini yaa...Tutorial Moodle

Canvas
Canvas adalah platform pembelajaran berbasis aplikasi yang menyediakan dan memfasilitasi fitur- fitur dalam pembelajaran berbasis e-learning. Sistem dari Canvas memungkinkan guru untuk menciptakan sistem pembelajaran jarak jauh bagi siswa
WWW.AHZAA.NET
LMS Canvas

Kelebihan Canvas yaitu dapat mengintegrasikan konten pembelajaran dari pengguna lain serta guru atau instruktur dapat menghubungkan template dan materi kelas melalui aplikasi internal mulai dari tugas, PR maupun ujian. Tentang LMS Canvas, sudah saya posting melalui artikel berikut ini, Tentang Canvas

Itulah Tujuh Platform E-Learning untuk sistem belajar jarak jauh dan pilihlah yang paling efektif untuk Anda. Semoga wabah corona segera berlalu dan pembelajaran bisa berlangsung normal kembali seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment