5/19/2020

Mencoba Formative, Sebuah Tool Asesmen dalam Pembuatan Tugas, Kuis dan Ujian secara Daring

Satu lagi platform asesmen yang bisa diterapkan untuk kelas Anda yaitu Formative. Formative merupakan sebuah web-based tool asesmen yang memungkinkan guru untuk membuat kuis, ujian, tugas kepada siswa dengan sistem realtime. 

Dalam Formative, kita dapat membuat penilaian online dengan menyematkan tautan, video, atau gambar. Selain itu, Formative juga terintegrasi dengan Google Classroom, kelas daring Anda. 

Formative bersifat freemium, dengan memberikan dua pilihan fitur yaitu berbayar dan gratis tentu dengan kelebihan dan kelengkapan fitur ada pada fitur berbayar (premium). Misalnya saja batasan dengan versi gratisnya dalam jumlah maksimum dokumen yang dapat Anda unggah setiap bulan. Versi gratis juga membatasi cara konten dapat ditambahkan, dan jenis pertanyaan apa yang dapat digunakan pendidik. Dalam versi premium, misalnya, konten audio dapat diunggah dalam kuis atau pertanyaan. Format jawaban dalam bentuk respons numerik, kategorisasi, grafik, dan penyesuaian ulang juga hanya didapatkan pada versi premium. 

Selain itu versi premium juga memungkinkan untuk pengunggahan dokumen tanpa batas, alat deteksi kecurangan, penugasan penilaian untuk masing-masing siswa dan subkelompok, kredit parsial untuk tanggapan, ekspor laporan tidak terbatas, dan pelacakan kemajuan.

Pada tulisan kali ini akan saya bahas mengenai langkah dasar dalam membuat kuis atau ujian dalam Formative. Berikut ulasannya,

Memulai Formative untuk membuat ujian/ tes

Pertama kali, kunjungi https://goformative.com/. Anda perlu untuk sign up terlebih dahulu. Gunakan akun Google untuk memudahkan.

Inilah halaman pertama saat Anda memulai Formative. Klik New Formative untuk membuat asesmen baru. Ada tiga langkah (step) untuk prosesnya yaitu Edit; pembuatan kuis, Assign; Pembuatan kelas, dan View Responses; melihat respon siswa.

Langsung saja, isikan nama asesmen, klik tambah pada dashboard Formative. Terdapat pilihan fitur yang bisa Anda manfaatkan, seperti saya utarakan tadi, Formative bersifat Freemium, ada fitur yang berbayar dan gratis. Fitur gratis pun sudah lumayan lengkap. Untuk membuat soal pilihan ganda, pilih saja multiple choice.

Mulailah untuk membuat soal untuk ulangan atau tugas anda, Isikan soal kemudian pilihan jawaban dan kunci pilihan jawaban yang benar. Pilihan Randomize order (pilihan acak) dan Show Your Work (memperlihatkan pekerjaan) hanya bisa dinikmati oleh fitur premium.

Untuk menyisipkan gambar, dan equation, klik pada ikon tambah (+). Sisipan audio, emoji, embed maupun video hanya untuk yang berbayar.

Lanjutkan pertanyaan untuk nomor 2, 3 dan seterusnya. 


Bila sudah selesai Anda bisa masuk ke tahapan berikutnya yaitu Assign. Dalam tahapan ini, Anda dapat membuat kelas baru. Klik Add New Class untuk membuatnya.

Isikan form yang dengan data kelas yang ingin dibuat. Setelah selesai, klik Create.

Akan muncul nomor kode untuk siswa. Instruksikan mereka untuk membuka situs join Formative lalu masukkan kode tersebut. Siswa bisa menggunakan laptop, Tablet, atau Smartphone mereka. Klik Create Students bila sudah selesai.

Hasil jawaban siswa akan muncul pada layar saat mereka sudah mengerjakan tes melalui halaman ini. Anda juga bisa melihat preview siswa pada layar yang mereka gunakan melalui ikon mata pada dashboard.



Selesai. Kuis Anda sudah bisa di share kepada siswa.

Penutup
Itulah sekilas pengenalan Formative untuk asesmen kelas Anda. Masih banyak fitur lain formative yang belum saya bahas disini. 

Semoga Bermanfaat yaa...

Salam.

No comments:

Post a Comment