6/05/2020

Mau Masuk SMK Jurusan Teknik Permesinan, Kenali Lebih Dulu Empat Faktanya Berikut Ini

Salah satu jurusan SMK yang lumayan banyak peminatnya saat ini adalah jurusan teknik permesinan (teknik mesin -- sebutan sebelumnya). Kebutuhan lulusan jurusan ini banyak mengingat pertumbuhan industri yang kian merata di segala bidang. Nah, untuk kamu yang sebentar lagi akan mendaftar SMK, jurusan ini bisa jadi pilihan kamu lho, selain juga mempertimbangkan jurusan lainnya yang kamu minati. 
source picture : Pixabay

Biar lebih jelas tentang jurusan ini, akan saya uraikan beberapa fakta mengenai jurusan teknik permesinan tentang apa yang dipelajari, peluang kerja, peluang kuliah dan sebagainya. Baik, saya bahas ya satu persatu mengenai jurusan/ kompetensi keahlian teknik permesinan SMK. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang nanti akan mendaftar SMK jurusan teknik permesinan.

1. Akrab dengan mesin industri
source picture : Pixabay
Saat kamu masuk ke jurusan/ kompetensi keahlian teknik permesinan SMK, kamu harus akrab dengan berbagai mesin- mesin berbasis industri yang akan kamu gunakan sebagai praktik nantinya. Sebagai contoh adalah mesin bubut (lathe), mesin frais (milling), mesin gerinda, mesin bubut CNC, mesin bor, mesin gergaji, dan sebagainya. Selain mengenal contoh mesin- mesin diatas kamu akan familiar dengan yang namanya gambar teknik, teknologi mekanik, kelistrikan mesin dan konversi energi, mekanika teknik dan elemen mesin, serta teknik gambar manufaktur yang biasanya memanfaatkan software CAD. 

2. Yang di pelajari
Seperti pada jurusan SMK rumpun teknik lainnya, sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/KK/2018,  kamu tetap akan mendapat pelajaran- pelajaran seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika,  Sejarah Indonesia dan Bahasa Inggris. Mapel- mapel tersebut termasuk muatan nasional yang akan kamu pelajari dari kelas X sampai dengan kelas XII (Kecuali Sejarah Indonesia).

Juga mapel muatan kewilayahan seperti Seni Budaya dan Penjasorkesuntuk kelas X dan XI (mapel seni budaya hanya sampai kelas X).

Pada mapel dasar bidang keahlian, kamu akan menerima pelajaran simulasi digital, fisika dan kimia. Ketiga mapel tersebut hanya kamu tempuh di kelas X saja. Mapel Dasar Program Keahlian juga ditempuh pada kelas X seperti mapel Gambar Teknik Mesin, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin, dan dasar Perancangan Teknik Mesin.

Nah, pada mapel kompetensi keahlian baru akan kamu tempuh pada kelas XI sampai XII. Mapel- mapel tersebut meliputi gambar teknik manufaktur, teknik permesinan bubut, teknik permesinan frais, teknik permesinan gerinda (hanya kelas XII), Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. 

3. Peluang Kerja Teknik Permesinan SMK
Lulusan jurusan teknik permesinan SMK bisa bekerja pada industri yang memiliki mesin perkakas untuk mendukung proses produksi seperti pada bidang alat transportasi, makanan, tekstil, obat, energi dan sebagainya. Biasanya bila kamu berkompeten menguasai bidang- bidang yang diajarkan, perusahaan akan melirikmu melalui bursa kerja yang rutin diadakan sekolah.

Selain bekerja di perusahaan,  kamu juga bisa berwirausaha sendiri lho, dengan membuka usaha yang berkenaan dengan kompetensi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Referensi usaha bisa kamu dapatkan saat kamu mengikuti program magang di dunia usaha dan dunia industri pada kelas XI. 

4. Melanjutkan Kuliah
Apabila kamu ingin memperdalam kompetensimu, setelah lulus kamu bisa juga mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri. Misalnya saja kamu masuk ke politeknik negeri, kamu bisa ambil program studi D3- Teknik Mesin, D-3-Teknik Konversi Energi, S.Tr-Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, dan S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi. Untuk perguruan tinggi swasta, lebih bebas lagi dalam program studi yang dipilih.

Itulah 4 (empat) hal mengenai jurusan/ kompetensi keahlian teknik permesinan SMK yang bisa saya uraikan. Punya pandangan lain mengenai teknik permesinan SMK, bisa tambahkan di kolom komentar ya..


Semoga Bermanfaat...

2 comments:

  1. mau tanya pak/ibu samakah antara SMK Mesin dngan SMK tehnik mesin?terimakasih

    ReplyDelete