Friday, May 6, 2016

Bagi Yang Mau Beasiswa S1 Ke Jepang, Catat Informasinya Ya

Bagi kamu yang baru lulus SMA dan  ingin sekali melanjutkan sekolahmu ke luar negeri khususnya ke Jepang, ada kabar gembira nih, pasalnya Pemerintah Jepang menyediakan beasiswa tahun 2017 untuk lulusan SMA dan sederajat.
Seperti dilansir dari website resmi kedutaan besar Jepang di Indonesia, program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Specialized Training College (D-2) di Jepang. 
Ada tiga program yang ditawarkan yaitu Undergraduate / GAKUBU (S-1), College of Technology/ KOUSEN (D-3), dan Specialized Training College / SENSHU (D-2).
Bagi kamu yang memenuhi syarat yaitu lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000 dan tentunya kamu adalah warga negara Indonesia bisa mendaftar salah satu dari tiga program yang ditawarkan diatas.
Foto : Ilustrasi  
Pendaftaran akan dibuka pada dua tahap yaitu tahap pertama dan kedua. Tahap pertama diperuntukkan untuk lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya (Tidak untuk lulusan tahun 2016) yang pendaftarannya akan dibuka pada 2 Mei sampai 16 Mei 2016. Sedangkan untuk tahap kedua (Tidak untuk lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya) diperuntukkan bagi pelamar lulusan tahun 2016 saja dan akan dibuka pada 24 Mei sampai 9 Juni 2016.
Nah, berbagai fasilitas yang akan kamu dapatkan dari program beasiswa tersebut adalah 
  1. Covering biaya kuliah atau pendidikan 100%
  2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
  3. Tunjangan ¥117.000/bulan (besar tunjangan tahun 2016. Untuk tahun 2017 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  4. Tanpa ikatan dinas
Untuk pendaftarannya kamu bisa mengunjungi website resminya di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html untuk kemudian melakukan langkah- langkah pendaftaran seperti registrasi online dan mengisi form aplikasinya. Jangan lupa setelah mendaftar, persiapkan dokumen dan hal- hal yang berkaitan dengan syarat pendaftarannya.
Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia atau pertanyaan melalui email ke Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: beasiswa@dj.mofa.go.jp).
Demikian informasi beasiswa S1 ke Jepang bagi siswa SMA dan sederajat. Semoga bermanfaat bagi kamu semua yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi di luar negeri dengan program beasiswa. 

Source Picture :
 https://www.rmit.edu.au/media/public-site-media-production/rmit-images/marketing-only/istock-photos/iStock-54612170-study-library_EVE-1220x732.jpg