Media Info Belajar

Thursday, May 26, 2016

Berikut Ini yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Tes SBMPTN 2016

Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri selain melalui SNMPTN dan Ujian Mandiri yang diselenggarakan masing- masing perguruan tinggi negeri. 
Bagi adik- adik yang sudah keterima masuk PTN melalui SNMPTN, tentunya saat ini sudah agak lega karena hanya menyisakan persiapan pemberkasan syarat- syarat setelah diterima. Dan bagi adik- adik yang belum keterima SNMPTN dan masih mengharapkan diterima melalui SBMPTN, saat- saat akhir seperti inilah merupakan saat yang paling menentukan.

Ujian SBMPTN
Gambar Ilustrasi
Tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 memang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2016 artinya tinggal menyisakan beberapa hari lagi menjelang pelaksanaan tes. Menjelang pelaksanaan ujian tersebut, semoga saja adik- adik sudah mempersiapkan beberapa hal berkaitan dengan ujian untuk kelancaran dan kesuksesan  untuk bisa masuk perguruan tinggi sesuai dengan yang diinginkan.
Nah, persiapan apa saja yang harus dipenuhi menjelang pelaksanaan tes SBMPTN tahun 2016, melalui posting ini saya akan memberikan beberapa hal yang harus adik- adik persiapkan agar pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar.
1. Belajar dan review materi SBMPTN
Menjelang pelaksanaan ujian SBMPTN tidak ada salahnya bagi adik- adik untuk mereview lagi materi materi yang diujikan meskipun saya yakin bahwa persiapan belajar sudah dilaksanakan jauh- jauh hari sebelumnya. Pelajarilah materi- materi yang dianggap terlalu sulit dan kuasailah beberapa trik cepat dalam mengerjakan soal khususnya soal- soal eksak. Adik- adik bisa meminta bantuan baik melalui bimbingan belajar, teman ataupun orang yang dianggap mampu menyelesaikan soal.
2. Berkas administrasi
Berkas administrasi yang wajib dibawa saat ujian SBMPTN adalah kartu peserta tes, Surat Keterangan Lulus (SKL). Selain itu peserta juga membawa kartu tanda pengenal seperti KTP atau SIM untuk berjaga- jaga bila ada panitia yang menanyakannya. Kartu tes bisa dipersiapkan dibawa atau dimasukkan kedalam tempat yang sekiranya aman dan mudah dijangkau sehingga pada saat pelaksanaan, tidak akan sulit untuk mencarinya. 
3. Siapkan Alat tulis
Pada tahun ini panitia SBMPTN memberlakukan ujian meenjadi dua metode yaitu melalui PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test). Meskipun adik- adik menggunakan metode tes CBT, tidak ada salahnya juga untuk membawa alat tulis seperti halnya tes dengan sistem PBT yaitu pensil 2B, penghapus pensil 2B, rautan dan alas.
4.  Survey tempat
Survey tempat menjadi hal yang penting untuk dilakukan karena dengan survey akan mempermudah adik- adik untuk menuju ke tempat pelaksanaan. Hal ini untuk meminimalisir keterlambatan dalam pelaksanaan tes. Dan bagi adik- adik yang rumahnya mungkin agak jauh dari tempat tes, mencari tempat singgah sementara seperti kos juga bisa dipertimbangkan. Namun, jangan lupa untuk mencari tempat singgah sementara jauh- jauh hari sebelumnya karena dipastikan semakin dekat waktu pelaksanaan, maka semakin sulit pula mencari tempat kos yang dekat dengan tempat ujian.
5. Jaga Kesehatan
Sebelum pelaksanaan ujian, jagalah kesehatan dengan makan, tidur yang cukup dan berolahraga secara ringan setiap hari. hal ini sangat penting mengingat ujian SBMPTN akan banyak menguras pikiran adik- adik dengan tipe soal dan sedikitnya waktu yang tersedia.
6. Berdoa
Berdoa adalah hal terakhir yang sangat penting, karena dengan berdoa, kita meminta pada Tuhan agar semua yang kita lakukan berjalan dengan lancar khususnya pada ujian SBMPTN tahun 2016 ini. Nah, setelah semua usaha sudah kita lakukan secara maksimal sebelumnya, maka tahap selanjutnya adalah berdoa. 

Demikian beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum tes SBMPTN yang bisa adik- adik lakukan, semoga tulisan bermanfaat bagi semua yang sedang mempersiapkan SBMPTN tahun 2016. Jangan lupa tuliskan komentar dibawah mengenai tulisan diatas. Akhir kata, semoga sukses.