Wednesday, May 18, 2016

Mengenal Sekilas Tentang Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang membekali siswa dengan keterampilan dan kemampuan sesuai dengan jurusannya sehingga siap menghadapi dunia kerja maupun dunia industri. Banyaknya pilihan jurusan di SMK membuat siswa lulusan SMP atau sederajat dapat memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya.
Jurusan RPL itu Apa?
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang ini tentunya pilihan jurusan yang sesuai dengan teknologi dan informasi menjadi incaran utama. Salah satu jurusan yang saat ini sedang populer adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurusan ini masih dalam rumpun dengan jurusan lain yang relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi seperti Multimedia dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Nah, bagi adik- adik lulusan SMP atau sederajat yang ingin mendaftar ke SMK, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bisa dijadikan tujuan untuk dipilih. 
Apa sih yang diajarkan?
Jurusan Rekayasa perangkat Lunak( RPL) sesuai dengan namanya, adalah sebuah jurusan di SMK yang berkutat pada masalah teknologi komputer yang mempelajari tentang perkembangan perangkat lunak pada komputer yang meliputi pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
aktivitas coding
Dan pada intinya, jurusan rekayasa perangkat lunak berhubungan erat dengan pembuatan program, peng-coding-an, dan atau pembuatan web. Oleh karena itu, siswa- siswa jurusan RPL pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya bahasa pemrograman komputer.
Namun berdasarkan kurikulum di SMK, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) tidak hanya mempelajari bahasa pemrograman saja, tetapi adik- adik juga akan diajarkan juga dengan hal- hal lain yang menjadi dasar seperti merakit personal computer, instalasi dan sistem operasinya. Adapun target dari lulusan jurusan RPL adalah kemampuan menjadi seorang junior programmer dalam sebuah instansi dan perusahaan.
Peluang Kerja Jurusan RPL
Bagi siswa SMK yang mengambil jurusan RPL mempunyai lapangan kerja yang relatif cukup luas diantaranya  programmer junior, operator dan teknisi komputer, pengolah data dan atau pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Selain itu juga bisa bekerja pada instansi atau perusahaan yang membutuhkan jasa bidang perangkat lunak seperti perbankan.
Kuliah yang Relevan dengan RPL
Adik- adik lulusan SMK jurusan RPL yang mau melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi, jangan khawatir, karena ada banyak universitas yang membuka program studi yang relevan dengan jurusan adik - adik seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan sebagainya.

Nah, bagaimana adik- adik? tertarik dengan jurusan RPL? Dan bagi adik- adik yang suka dengan komputer atau pengkodingan, jurusan ini bisa jadi alternatif pertimbangan.
Demikian informasi singkat kami mengenai jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK, semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua khususnya adik- adik lulusan SMP yang mau melanjutkan ke SMK dalam memilih jurusannya. Jangan lupa untuk menuliskan komentar di bawah ya?
Terima kasih.